Dinas Pertanian Sijunjung, Turunkan Tim Pemeriksa Kesehatan Hewan Kurban

SIJUNJUNG, METRO-Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung akan menurunkan tim pemeriksa kesehatan hewan kurban jelang hari raya Idul Adha 1445 H tahun 2024. Pemeriksaan itu dilakukan di seluruh peternakan dan lapak pedagang yang ter­sebar di wilayah Kabupaten Sijunjung.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung Ir.Ronaldi mengatakan bahwa, tim yang dibentuk telah mulai bekerja mengawasi langsung di lapangan, khususnya persiapan hewan ternak kurban.

“Tim pemeriksa ini ada di setiap puskeswan yang ada di Kabupaten Sijunjung,” ujarnya.

Dikatakan, Puskeswan di Kabupaten Sijunjung terbagi menjadi tiga yakni Puskeswan Palangki, Pus­keswan Sijunjung dan Puskeswan Kamang.

”Tim pemeriksa kesehatan hewan ini bertugas memeriksa berbagai aspek kesehatan hewan, termasuk kondisi fisik dan bebas dari penyakit menular serta memastikan bah­wa he­wan-hewan yang akan dijadikan kurban dalam kondisi sehat dan layak untuk dikonsumsi,” tuturnya.

Pihaknya mengatakan sebelumnya ditemukan  penyakit sapi yang melanda Sijunjung dengan jenis virus Jembrana. “Hasil terbaru bahwa penyakit itu sudah bisa ditangani dan tak terlalu berdampak parah untuk hewan kurban,” terangnya.

Kepala Dinas Pertanian Sijunjung itu mengimbau kepada masyarakat dalam melaksanakan kurban untuk memperhatikan umur dan kesehatan ternak yang akan dipotong serta layak dikonsumsi.

“Kesehatan ternak kurban penting sekali diperhatikan karna akan dikonsumsi khalayak ramai. Sehingga perlu dilakukan seleksi ataupun pemilihan kelayakannya,” pungkasnya. (ndo)

Exit mobile version