Alokasikan 100 Dosis Vaksin Rabies untuk HPR Sawahlunto, Prioritas untuk Hewan Penular

SAWAHLUNTO, METRO–Dinas Peternakan dan Kesehatan Provinsi Sumatra Barat Alokasikan 1000 Dosis Vaksin rabies untuk HPR di Sawahlunto.  Fery Oktaviantris Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan hewan Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Sawahlunto  Sawahlunto menginformasikan pada, Jumat (17/5).

Menurutnya sebelum tahun 2024 Kota Sawahlunto juga mendapatkan dosis vaksin yang sama untuk hewan penular rabies ini. “Untuk tahun 2024, 1000 Dosis Vaksin rabies ini nantinya akan diprioritaskan untuk hewan penular rabies yaitu anjing. Vaksinasi ini dilakukan satu kali setiap tahunnya, dan di­ren­canakan untuk tahun ini akan dilaksanakan pa­da bulan Juni 2024 mendatang,” ujarnya.

Selain pemberian vak­sin HPR, guna meminimalisir penyebaran virus rabies di Kota Sawahlunto pihaknya juga melakukan eliminasi terhadap anjing liar dan itu dilakukan se­tidaknya 2 atau 3 kali da­lam setahun.

Terkait kasus gigitan HPR, Fery menambahkan, untuk kasus gigitan pada tahun kemarin itu ada dua positif laboratorium dan hewan tersebut juga su­dah diberikan vaksinasi rabies. Untuk tahun ini sampai saat ini belum menemukan HPR yang positif laboratorium.  Fery menghimbau kepada ma­syarkat yang memiliki hewan peliharaan penular rabies, untuk dapat membawanya ke Puskeswan guna mendapatkan Vaksinasi secara gratis.(pin)

Exit mobile version