Dibuka Wabup Iraddatillah, Disdikbud Sijunjung Gelar Pelatihan Kepala SMP

PELATIHAN— Wabup Sijunjung Iraddatillah memberikan sambutan saat pembukaan pelatihan untuk Kepala SMP.

SIJUNJUNG, METRO–Dibalik keberhasilan setiap sistem pendidikan yang berkualitas, ada pe­mimpin sekolah yang berdedikasi dan terampil.  Kepala sekolah lah yang memegang peran sentral dalam mengelola sebuah institusi pendidikan dan untuk menghadapi kompleksitas tugas mereka.

Oleh sebab itu, Pemkab Sijunjung melalui Dinas Pendidikan dan Kebuda­yaan menggelar pelatihan pengelolaan sekolah bagi Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kabupaten Sijunjung.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Wakil Bupati Sijunjung Iraddatillah di Hotel Grand Rocky Padang, Senin (22/4).

Dalam arahannya, Wa­bup Iraddatillah mengakui pentingnya peran Kepala Sekolah dalam menjaga mutu pendidikan di setiap lembaga pendidikan.  “Kepala Sekolah tidak hanya bertanggung jawab atas pengelolaan administrasi sekolah, tetapi juga memiliki peran strategis dalam mengembangkan potensi siswa, mengelola sumber daya, serta menciptakan ling­kungan belajar yang kondusif,” tutur Radi sapaan akrab Wabup itu.

Ia menyebut pelatihan manajemen itu merupakan upaya nyata Pemerintah Kabupaten Sijunjung dalam meningkatkan kualitas kepemimpinan Kepala Sekolah.  “Mudah-mu­dahan semua Kepsek dapat memperoleh wawa­san yang mendalam tentang manajemen sekolah yang efektif, pengelolaan sumber daya yang berkelanjutan, serta strategi untuk meningkatkan kinerja akademik siswa,” ha­rapnya.

Wabup juga mengajak para Kepsek untuk aktif berdiskusi, berbagi pengalaman, dan menjalin jaringan kerja yang kuat dengan sesama Kepala Sekolah. “Mari kita saling berkolaborasi untuk menjaga kualitas pendidikan di daerah ini. Sehingga mampu menghadapi berbagai tantangan dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif bagi perkembangan optimal peserta didik,” tukasnya.

Sementara dalam laporannya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebuda­yaan, Puji Basuki mengatakan pelatihan itu untuk meningkatkan keterampilan manajerial dan mengoptimalkan penggunaan sumber daya yang tersedia.

Selain itu, juga untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, mengembangkan kepemimpinan efektif dan memperkuat hubungan dengan pemangku kepentingan serta mempersiapkan untuk tantangan masa depan.

Kegiatan itu diselenggarakan selama tiga hari, mulai 22-24 April 2024 di Grand Rocky Hotel Pa­dang.  Adapun peserta pelatihan tersebut sebanyak 48 orang Kepala Seko­lah SMP se-Kabupaten Sijunjung dengan narasumber berasal Balai Guru Penggerak Provinsi Jawa Tengah. (ndo)

Exit mobile version