Jelang Lebaran, Pemkab Sijunjung Sediakan Pangan Murah

SIJUNJUNG, METRO–Menyambut hari raya Idul Fitri tahun 2024, Pemkab Si­junjung mengadakan gerakan pangan murah (GPM). Program tersebut bertujuan untuk memberikan harga yang ter­jangkau kepada masyarakat untuk sejumlah kebutuhan jelang lebaran.

Tak heran jika gerakan pangan murah diserbu ma­syarakat yang dilaksanakan di Pasar Padang Sibusuk, Keca­matan Kupitan Kabupaten Sijunjung pada Senin (1/4) kemarin.

Program GPM terwujud ber­kat kolaborasi Badan P­a­ngan Nasional dengan Pemda Sijunjung itu dibuka langsung oleh Asisten II Bidang Pere­konomian, Muhadiris.

Menurutnya, inilah wujud kepedulian pemerintah ter­hadap masyarakat meng­ha­dapi hari raya. “Masyarakat di silahkan berbelanja sesuai dengan kebutuhan. Tak hanya masyarakat dari Nagari Pa­dang Sibusuk, bahkan dari Nagari Batu Manjulur dan daerah tetangga pun turut datang berbelanja,” tuturnya.

Dijelaskannya, GPM ber­tujuan menjaga stabilitas paso­kan dan harga pangan serta pengendalian inflasi meng­hadapi Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN),” ujar Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Adri.

Berbagai bahan pangan strategis disediakan melalui GPM tersebut. Beras SPHP dijual pedagang Rp. 55.000,- (kemasan lima kg), Beras Anak Daro Rp. 160.000,-/10 kg, Mi­nyak Kita Rp. 16.500,-/liter dan terigu Rp. 12.000,-/kg.

Kemudian cabai merah Rp. 45.000,-/kg, cabai rawit Rp. 50.000,-/kg, ayam ras Rp. 55.000,-/ekor dan ikan air tawar Rp. 43.000,-/kg. Tak hanya itu, sayuran jenis terong, kacang panjang, bayam, pucuk ubi, semangka, Kerupuk Gambok serta aneka kue kering juga tersedia pada GPM.

“Petani bersama pedagang lokal dan Bulog turut ber­partisipasi dalam program pangan murah yang diadakan serentak se-Indonesia itu,” tambah Adri. (ndo)

Exit mobile version