Tingkatkan Kualitas KPPS, PPK Sijunjung Adakan Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Surat Suara

SIMULASI—Terlihat aksi simulasi pemungutan dan penghitungan surat suara (Putungsura) di UDKP Kecamatan Sijunjung.

SIJUNJUNG, METRO–Panitia Pemilihan Ke­camatan(PPK) Kecamatan Sijunjung mengadakan simulasi pemungutan dan penghitungan surat suara (Putungsura) di UDKP Kecamatan Sijunjung, Selasa (6/2).  Kegiatan simulasi Putungsura ini diikuti oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) se-Kecamatan Sijunjung, tiap kelompok diwakili oleh 2 orang hingga total yang hadir sebanyak 298 orang.

Ketua PPK Kecamatan Sijunjung Elvis Buana, da­lam sambutannya mengatakan kegiatan ini digelar untuk memaksimalkan pehaman anggota KPPS yang akan melaksanakan tugasnya tanggal 14 Februari 2024 mendatang.

“Kegiatan Simulasi ini outputnya adalah lahirnya SDM KPPS se Kecamatan Sijunjung yg semakin paham terhadap pro­ses Putungsura Pemilu,” je­lasnya.

Elvis juga mengucapkan terimakasih kepada pihak yang memfasilitasi mulai dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sijunjung dan pemerintah kecamatan teristimewa Camat Sijunjung serta pihak lainnya.

“Simulasi ini diharapkan menjadi pembelajaran berharga bagi KPPS dalam pelaksanaan pekerjaan hingga tidak terjadi kesalahan dalam penyelenggaran Pemilu 2024,” harap Elvis.

Ia juga meminta anggota KPPS tetap menjaga integritas sebagai penyelenggara jalani tugas sesuai pedoman yang telah ditentukan. Setiap taha­pan harus dilaksanakan dengan cermat dan jujur untuk memastikan keabsahan hasil pemilu.

Dengan memahami proses ini, pemilih dapat ikut serta dalam mengawasi agar setiap tahapan berjalan dengan adil dan transparan.  Mengingat kegiatan pemungutan su­ara adalah hal yang detail, untuk langkah-langkah pengisian C Hasil akan dite­rangkan kemudian secara menyeluruh.  Hasil pemungutan suara juga akan diunggah dengan aplikasi SI-REKAP. Peran teknologi juga sangat pen­ting dan SDM perlu dipersiapkan dengan baik. Turut hadir Komisioner KPU, Unsur Forkopimcam Sijunjung, Panwascam Sijunjung, PPS se Kecamatan Sijunjung. (ndo)

Exit mobile version