Hari Pahlawan ke-78, Pemko Ziarah ke TMP Kubang Sirakuk

Zefnihan (Pj Wali Kota Sawahlunto)

SAWAHLUNTO, METRO–Jelang Hari Pahlawan ke-78 di Tahun 2023, Pemko Sawahlunto selain mempersiapkan Upacara Bendera di Tanah Lapang Ombilin juga mengadakan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kubang Sirakuk Sawahlunto.

Hal ini diungkapkan via WhatsApp oleh PJ Walikota Sawahlunto Zefnihan Kamis (9/11). Menurutnya semangat kepahlawanan harus selalu ada pada generasi muda penerus bangsa. Tugas kita mengisi kemerdekaan yang susah payah diraih ini dengan pembangunan dan hal-hal positif yang bisa memajukan bangsa Indonesia di Dunia Internasional.

Apalagi saat ini Kita Sawahlunto masuk UNESCO sebagai Warisan Dunia, dan terlibat dalam sejarah perjuangan bangsa, dengan banyaknya keterlibatan pahlawan tanpa tanda jasa yang tidak bisa disebutkan satu-satu untuk menjadikan Sawahlunto sebagai kota tua yang merupakan penghasil Batubara.

Segala warisan budaya, jejak sejarah dan bangunan kolonial serta cerita perjalanan Batubara dari Kota Sawahlunto sampai ke pelabuhan Teluk Bayur adalah histori yang kaya akan nilai-nilai sejarah yang amat berharga. Warga Sawahlunto apalagi generasi muda mesti bangga akan sejarah yang dimiliki, kuasai dan pelajari dengan baik, sehingga bisa dijelaskan kepada wisatawan baik lokal dan turis asing agar mengetahui peran serta dan perjuangan para pahlawan di Kota Sawahlunto dalam dampaknya bagi dunia industri Internasional yang membutuhkan bahan baku batubara sebagai bahan bakar negara-negara Internasional (luar negeri) yang saat itu masuk pada masa Industri.

Menurutnya penting menghargai jasa Pahlawan dimanapun berada, termasuk para pejuang yang telah terkubur tanpa sempat dikenal dan diketahui namanya, juga untuk seluruh para Pahlawan Nasional yang telah mengorbankan nyawa, keluarga untuk meraih Kemerdekaan Indonesia. (pin)

Exit mobile version