Bentuk Wujud Syukur Atas Limpahan Rezeki, Masyarakat Nagari Lubuak Tarok Gelar Berkaul Adat

ARAHAN—Bupati Benny memberi arahan saat pembukaan berkaul adat di Nagari Tarok.

SIJUNJUNG, METRO–Nagari Lubuak Tarok yang merupakan salah satu nagari di Kabupaten Sijunjung yang masih mem­pertahankan tradisi dan budaya yang dimiliki, seperti mengadakan acara Berkaul Adat. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Korong Tingga, Jorong Jampu Lipo, kemarin. Turut dihadiri  Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, Plt Sekretaris Daerah Sijunjung Khamsiardi, Kepala OPD terkait, Camat Lubuak Tarok, Wali Nagari se Kecamatan Lubuak Tarok, KAN, Niniak Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai, Bundo Kanduang dan masyarakat Nagari Lubuak Tarok.

“Atas nama Pemerintah Daerah (Pemkab) me­ngapreasi dan kami sangat bangga dalam acara berkaul adat ini,”ucap Bupati Benny Saat memberi arahan.

Keragaman budaya adalah sebuah anugrah, Kekayaan budaya yang dimiliki Kabupaten Sijunjung memang pantas dilestarikaan, ucap Bupati Benny. “Apalagi dalam mendukung Geopark Ra­nah Minang Silokek Menuju Unesco Global Geo­park,” tambahnya.

Kemudian, Ia berbicara tentang apa apa aja pembangunan yang sedang berjalan dan akan berjalan di Nagari Lubuak Tarok.

Ia menyebut Pemkab Sijunjung akan berupaya memenuhi apa yang menjadi program-program pembangunan di Nagari Lubuak Tarok Secara Bertahap. “Terimakasih kami ucapkan kepada seluruh masyarakat Lubuak Tarok atas dukungan terhadap pembangunan yang ada di Sijunjung Ranah Lansek Manih yang Kita Cintai ini,”ucapnya.

Ninik Mamak Dt. Bandari Sati menjelaskan Ber­kaul adat ini ialah rasa syukur kita kepada Allah SWT atas hasil panen yang telah diberikan kepada kita, baik hasil panen padi maupun hasil lainnya. “Tradisi Berkaul adat sesusai panen padi setiap tahunnya, adalah salah satu pusako yang diwarisi secara turun temu­run,”je­lasnya. “Kegiatan ini ter­selenggara berkat iuran dari hasil panen anak cucu kemanakan yang ada di Kenagarian Lubuak Ta­rok,”tutupnya. (ndo)

Exit mobile version