Wabup Sijunjung Iraddatillah, Inovasi Merupakan Kunci Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi

SIJUNJUNG, METRO–Inovasi merupakan kunci untuk tingkatkan pertumbuhan ekonomi, Daya saing Daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kemudian, Inovasi menjadi salah satu tool dalam mengakselerasikan peningkatan daya saing Indonesia. Hal tersebut diungkapkan Wa­bup Sijunjung Iraddatillah saat membuka kegiatan Laboratorium Inovasi Ka­bupaten Sijunjung ruang rapat lantai dua BAPPPEDA, Selasa (12/9).

Inovasi Daerah Sijunjung tahun 2021 dalam penilaian Indeks Skor (IS) dengan target IS 38 terealisasi 38,14, tahun 2022 dengan target IS 54 terealisasi 54,18 dan tahun dengan target IS 57 terealisasi 57.56.

“Berdasarkan peni­laian IS tersebut, Sijunjung selama 3 tahun berturut-turut termasuk dalam ka­tegori Daerah Inova­tif,”ucapnya.

“Ini sesuai dengan de­ngan ketentuan penilaian IS Inovasi Daerah berdasarkan Permendagri Nomor 104 tahun 2018 tentang penilaian dan pemberian penghargaan dan insentif inovasi dae­rah”je­lasnya.

“Kegiatan Laboratorium Inovasi sangat diperlukan untuk meningkatkan target IS inovasi daerah tahun 2024 Sijunjung pada RPJMD adalah 60 dengan kategori sangat ino­vatif,”tambahnya.

Untuk itu, Kami berharap Aparatur Pemerintah nantinya mampu me­ningkatkan pengetahuan dalam merumuskan ide-ide Inovatif, Melahirkan ragam Inovasi serta mengimplementasikannya di OPD masing-masing.

Sehingga, Peningkatan kinerja pembangunan dan kualitas pelayanan publik di Ranah Lansek Manih terlaksana dengan Baik.

Kepala Bapppeda Ka­bupaten Sijunjung, Dra Yuni Elviza menjelaskan kegiatan diikuti Kepala Perangkat Daerah Camat se Kabupaten Sijunjung atau Pejabat Pengelola Inovasi dilingkup 0PD ma­sing- masing yang nantinya akan tergabung dalam Tim Koordinasi Inovasi Daerah Kabupaten Sijunjung Tahun 2023, ditambah dengan panitia pelaksana dari Bapppeda Kabupaten Sijunjung yang berjumlah lebih kurang sebanyak 50.

Tujuan dari kegiatan ini ialah untuk Perbaikan tata kelola pelayana publik, Peningkatan efektifitas dan efisiensi pelayanan dan Peningkatan kepuasan publik. “Kemudian meningkatkan kompetensi ASN dalam menumbuhkembangkan inovasi guna meningkatkan kualitas kinerja di lingkungan Pemkab Sijunjung,”tam­bahnya.

Selanjutnya mempercepat pembangunan dan peningkatan pelayanan publik sesuai misi RPJMD.

Adapun Narasumber pada kegiatan itu utama ialah Dr. Tri Widodo Wah­yu Utomo, SH.MA (Deputi Bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi Negara LAN RI). (ndo)

Exit mobile version