Empat OPD Turun Tangan, Wujud Komitmen Pelayanan dan Bantuan Pemko pada Masyarakat

BANTUAN KORBAN KEBAKARAN— Wakil Wali Kota Sawahlunto Zohirin Sayuti menyerahkan bantuan pada korban kebakaran.

SAWAHLUNTO, METRO–Wujud kepedulian dari Empat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemko Sawahlunto dalam membantu warga yang menjadi korban musibah kebakaran rumah di Dusun Stasiun, Desa Silungkang Tigo, Kecamatan Silungkang.

Pertama adalah jajaran Pemadam Kebakaran (Damkar), bergerak cepat memadamkan api dan melakukan penyelamatan darurat pada kebakaran yang menghanguskan dua rumah milik Datos dan (alm) Kartini pada Jumat (7/7) sekitar pukul 03.45 WIB tersebut.

Setelah itu, menyusul Taruna Siaga Bencana (Tagana) dari Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DinsosPMDPPA), kemudian juga jajaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Tim BPBD dan Tagana melaksanakan eva­kua­si, mendirikan tenda darurat dan sejumlah prosedur pasca bencana lainnya.

Kemudian pada Senin (10/1), dengan dipimpin langsung oleh Wakil Wali Kota Sawahlunto Zohirin Sayuti, BPBD dan Tagana menyerahkan bantuan yang terdiri dari paket permakanan atau sembako serta perlengkapan darurat untuk rumah tangga pasca bencana.

Dalam waktu bersamaan, tim Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) juga turun ke lokasi untuk membantu warga korban kebakaran tersebut mengganti dokumen administrasi ke­pendudukan (adminduk) yang hangus terbakar di dalam rumah.

Adapun adminduk yang diganti dan langsung diserahkan dalam waktu tidak sampai tiga jam sejak kejadian itu yakni Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Wakil Wali Kota Sa­wahlunto Zohirin Sayuti menyebut hal ini wujud komitmen pelayanan dan bantuan Pemko Sa­wahlunto kepada ma­sya­rakat.

“Ini peningkatan kualitas dan kuantitas pelayanan bagi masyarakat yang menjadi korban mu­sibah. Jadi bahu membahu kita turun meringankan beban masyarakat yang terdampak musibah kebakaran tersebut,” ka­ta Wawako Zohirin Sayuti. (pin)

Exit mobile version