Wawako Lepas Keberangkatan Wako dan CJH ke Tanah Suci

SALAMI JEMAAH— Wakil Wali Kota Sawahlunto H. Zohirin Sayuti salami jemaah saat melepas secara resmi keberangkatan Calon Jemaah Haji menuju keberangkatan ke Tanah Suci Makkah, di Masjid Agung Nurul Islam, Sabtu (17/6).

SAWAHLUNTO, METRO–Karena Wali Kota Sawah­lunto Deri Asta ikut sebagai peserta resmi Jamaah Calon Haji (JCH) Kota Sawahlunto, maka  Wakil Wali Kota Sa­wahlunto H. Zohirin Sayuti melepas secara resmi keberangkatan Jamaah Calon Haji (JCH) Kota Sawahlunto di Masjid Agung Nurul Islam, Sabtu (17/6).

“Kondisi cuaca sekarang di Tanah Suci panas, perbanyak sabar, jaga kesehatan dan banyak minum air putih dan makan buah,” ujarnya.

Ia mengingatkan, selama menjalankan ibadah jangan terfokus pada buku-buku bacaan yang dibawa demi me­ngejar sesuatu yang belum hafal. “Jangan terpaku dengan buku, karena asyik membaca nanti bisa hilang di jalan, ucapkan saja apa yang hafal,” sebutnya.

Wawako juga menghimbau JCH lebih mengutamakan kekhusukan, kebersamaan dan saling mengingatkan satu sama lain. “Doakanmasyarakat Sawahlunto di sana agar lebih sejahtera, aman dan makmur,” pung­kasnya.

Wawako juga mema­sang­kan kacu dan kokarde secara simbolis kepada JCH tertua, Rosma Binti Bota Umur 94 Tahun dari Lunto Kecamatan Lembah Segar, mutasi Dari Propinsi Jawa Barat dan termuda, Siti ainun Rohim Binti Emeldi Umur 22 tahun Dari Kecamatan Talawi.

Kepala staf utusan haji Kota Sawahlunto H. Dedi Wandra mengatakan, awalnya JCH Sawahlunto sebanyak 46 orang.

“Setelah ada beberapa kali tambahan kuota akhirnya menjadi 56 orang,” terang dia yang diamanahkan pula sebagai petugas haji.

Ditambahkan Dedi, tidak semua jemaah haji Sawahlunto tergabung dalam satu kloter. Empat orang diantaranya masuk kloter 17 dan akan berangkat tanggal 22 Juni besok. “Jamaah kita kloter 14 gelombang 2, tergabung dengan Kota Solok, Kabupaten Solok, Solok Selatan dan Kota Padang, semoga selamat pergi dan pulang membawa haji mabrur,” terangnya.

Mewakili JCH, Wali Kota Sawahlunto Deri Asta selaku jamaah haji reguler dalam sambutan mengucapkan terimakasih atas dukungan semua pihak. Kami mohon maaf jika ada kesalahan dan kekhilafan, doakan keselamatan kami, semoga menjadi haji mabrur,” ungkapnya.

Tahun ini keberangkatan Duyufurrahman cukup istimewa, pasalnya sejumlah pejabat turut serta berangkat dalam kloter tersebut, seperti Wali Kota, Wakil Ketua DPRD Jaswandi, Anggota DPRD Ospita, Kepala Kankemenag.

Tak kalah penting 3 orang dokter dari Kota Sawahlunto ikut menjadi petugas haji. Diiringi pembacaan talbiyah, isak tangis keluarga mewarnai acara pelepasan. Dua bus pengantar didampingi mobil voredjer Polresta Sawahlunto, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan Dinas kesehatan turut disambut masyarakat ketika melewati area pasar Sawahlunto sampai batas kota. (pin)

Exit mobile version