Sukseskan Penas Tani, Pemko Sawahlunto Ikut Kontes Ternak dan Expo Peternakan

GUNTING PITA—Sekda Dr.dr. Ambun Kadri, MKM, didampingi Kadis Ketahanan Pangan, Pertanian, Perikanan (DKP3) Sawahlunto Henni Purwaningsihdi gunting pita pelepasan ternak yang akan ikut kontes Penas Tani.

 

SAWAHLUNTO, METRO–Kota Sawahlunto mengikuti kegiatan kontes ternak dan expo peternakan dalam rangkaian Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke XVI di Kota Padang, pada 10-15 Juni 2023.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Sawahlunto Henni Purwaningsih menyampaikan pada kontes ternak, Sawahlunto mengirimkan empat ekor ternak yaitu dua ekor kerbau dan dua ekor sapi.

“Empat ekor ternak tersebut telah dilakukan penilaian secara langsung yakni juri datang langsung memeriksa ke kandang. Hasil penilaiannya, semua ternak itu mendapatkan nominasi tiga besar,” kata Henni.

Disebutkan Henni, untuk menentukan performance dari ternak tersebut antara lain dilihat dari nilai BCS (Body Conditioning Score) dan kondisi kesehatan ternak tersebut.

“Tujuan kontes ternak adalah terjaringnya ternak-ternak yang mempunyai performance yang unggul sehingga otomatis akan menambah nilai jual ternak tersebut dan secara tidak langsung akan menambah pendapatan peternak yang ikut lomba,” ujar Henni menjelaskan.

Pada Penas Tani tahun ini, DKP3 Kota Sawahlunto mengusulkan 4 (empat) ekor ternak untuk dinilai oleh Juri yang datang langsung ke kandang peternak calon peserta kontes. Hasilnya 4 (empat) ekor ternak tersebut mendapatkan nominasi (3 besar) dalam penilaian juri

“Ternak dari Sawahlunto yang lolos masuk nominasi tiga besar tersebut adalah kerbau jantan milik Yosep Rizal dari Desa Talawi Mudik, kemudian kerbau betina milik Nofri Joni Hendra dari Desa Salak. Setelah itu sapi Bali jantan milik Darul Taufik dari Desa Kolok Mudik, kemudian sapi pesisir jantan milik Amirullah dari Desa Bukik Gadang,” ujar Henni merinci.

Sementara untuk kegiatan expo peternakan, Kota Sawahlunto akan menampilkan produk-produk pangan asal hewan yang dihasilkan oleh UMKM, dengan mengusung tema ‘Peningkatan Nilai Saing Komoditas Peternakan melalui Pemanfaatan Teknologi Tepat Guna dalam Upaya Mewujudkan Kemandirian Pangan’.

“Bahan pameran dari Sawahlunto adalah pakan ternak yaitu rumput unggul dan rumput fermentasi. Kemudian olahan pangan asal hewan yaitu rendang daging, rendang olahan dan dendeng asap,” ujar Henni merinci.

Rombongan peternak dan jajaran DKP3 Sawahlunto yang mengikuti kegiatan tersebut dilepas oleh Sekretaris Daerah Kota Sawahlunto Dr.dr. Ambun Kadri, MKM, di Terminal Talawi, pada Kamis 08 Juni 2023.

“Selamat mengikuti kontes dan expo peternakan. Ini membawa dampak baik terhadap peternak sendiri maupun pada Kota Sawahlunto,” kata Sekda Ambun Kadri. Kepada jajaran DKP3, Sekda Ambun Kadri berpesan supaya dapat mendampingi dan membantu para peternak dalam mengurus ternaknya selama dalam rangkaian acara tersebut dengan baik. (pin)

Exit mobile version