Pemkab Sijunjung Gelar Bimbingan Teknis Implementasi Usaha

 

SIJUNJUNG, METRO–Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung menggelar bimbingan teknis implementasi berusaha berbasis risiko bagi duta perizinan Kecamatan dan Nagari se Kabupaten Sijunjung angkatan I dan II tahun 2023.c Kegiatan itu dibuka oleh Asisten II Setdakab Muhadiris di Hotel Bukik Gadang Muaro, Rabu (30/5).

Dalam sambutannya, Asisten II Muhadiris mengatakan, dengan dilaksanakan kegiatan ini dapat membantu masya­rakat dalam membuat izin usaha dengan baik.

Para peserta yang merupakan aparatur Kecamatan dan Nagari agar dapat berbuat dan bertindak selaku duta perizinan di wilayah kerja masing-masing.

“Regulasi terbaru di bidang perizinan telah menetapkan ada empat kategori perizinan berdasarkan risiko usaha yakni risiko rendah, menengah rendah, menengah tinggi dan tinggi,; kata Muhadiris.

Disebutkan, hasil evaluasi atas pelaksanaan perizinan berusaha berbasis risiko di Kabupaten Sijunjung menunjukan bahwa sebagian besar pelaku usaha masih tetap datang ke Dinas Penanaman Modal dan pelayanan terpadu satu pintu (DPMPTSP) untuk mendapatkan layanan perizinan.

Ditambahkannya, dengan menyikapi kondisi yang ada maka Pemerintah Daerah me­nyambut baik inovasi yang digagas jajaran DPMPTSP yang diberi nama Durian Sijunjung yang merupakan singkatan duta perizinan Sijunjung.

Durian Sijunjung memberikan pelayanan perizinan kepada masyarakat yang ada di Nagari khususnya untuk izin dengan tingkat risiko rendah dan menengah rendah.

“Disampaikannya, dengan ada Durian Sijunjung, ma­sya­rakat atau pelaku usaha dengan tingkat risiko tertentu tidak harus datang ke DPMPTSP gu­na mengurus perizinan melainkan cukup dilayani di tingkat Kecamatan dan Nagari sehingga kehadiran Durian Sijunjung bisa mewujudkan layanan perizinan yang lebih efektif dan efisien bagi masyarakat,” tegas Muhadiris. (ndo)

Exit mobile version