Warga Sawahlunto, Kabupaten dan Kota Sekitarnya, Pelayanan Imigrasi tak Perlu lagi  ke Kota Padang 

KETERANGAN—Deri Asta, Wali Kota Sawahlunto memberikan keterangan kepada sejumlah wartawan mengenai peresmian MPP yang langsung dibuka oleh MenpanRB Abdullah Azwar Anas.

SAWAHLUNTO, METRO–Warga Sawahlunto dan Kabupaten/Kota yang berada di sekitar Kota Sawahlunto, mulai 26 September 2022 tidak perlu ke Kota Padang untuk memperoleh pelayanan publik Imigrasi, seperti pembuatan paspor baru, perpanjangan dan visa.

Semuanya bisa diurus di Kota Sawahlunto, sebab Pemko Sawahlunto telah membuka Mall Pelayanan Publik (MPP) disimpang tiga Muarokalaban depan Polsek Muarokalaban yang merupakan bekas Gedung Pasar Songket, lokasi MPP tersebut sangat strategis berada di tepi jalan Lintas Sumatera.

Direncanakan pe­res­mian MPP dilaksanakan pada hari ini  Senin (26/9) langsung dilakukan oleh MenpanRB Abdullah Az­war Anas, yang sebelumnya adalah Bupati Banyuwangi dan merupakan pelopor dari pemakaian MPP di daerahnya.

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta dalam jumpa pers dengan sejumlah wartawan menyebutkan MPP bertujuan untuk memberikan kemudahan Pelayanan Publik pada satu titik, agar efektif dan efisien dalam segi waktu dan biaya.

Ada 25 instansi pelayanan masyarakat yang tergabung dan 219 jenis pelayanan yang diberikan, Termasuk salah satunya pelayanan Imigrasi.

“ Khusus layanan Imigrasi menjadi yang banyak permintaanya dan favorit, hari ini akan diadakan lobi-lobi dengan Imigrasi induk di Padang untuk penambahan jadwal layanan. Untuk tahap awal jadwal layanan Imigrasi dua kali sebulan, setiap hari Rabu minggu pertama dan Rabu minggu ketiga dengan kuota layanan 20 per hari, langsung siap ditempat tidak perlu ke Padang untuk mengambil pasport atau visa. Untuk pendaftaran nomor antrian pada saat layanan Imigrasi dibuka bisa dilaksanakan setiap hari kerja dengan membawa syarat-syarat yang diperlukan, “ ujarnya.

Disebutkan, layanan pendaftaran Haji dan Umroh pun ada di MPP ini, semua layanan publik di MPP Muarokalaban su­dah yang terlengkap.  “Disediakan pula mesin ATM Bank Nagari dan Bank BRI dilengkapi CCTV, pelayanan untuk disabilitas, ruang ibadah, ruang ibu menyusui, ruang anak bermain, AC, parkiran yang memadai dan WiFi gratis,” tutur Deri.

Deri menyampaikan kedepannya akan dilakukan penyempurnaan demi kemanan dan kenyamanan masyarakat Sawahlunto khususnya dan masya­rakat luar daerah dalam melakukan transaksi pelayanan kebutuhan mereka di MPP. (pin)

Exit mobile version