Geopark Ranah Minang Silokek harus Terwujud

DIJAMU— Kunjungan Menparekraf RI, Sandiaga Uno dan Anggota DPR RI Andre Rosiade ke Geopark Silokek dijamu Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir.

SIJUNJUNG, METRO–Geopark Ranah Minang Silokek harus jadi. Begitulah kalimat yang tergambar dari upaya Pemkab Sijunjung saat ini tentang pengembangan Geopark Silokek. Bahkan Geopark Silokek bukan hanya ditujukan sebagai sekedar destinasi wisata semata, melainkan ikon bagi Sijunjung.

Pengembangan Geopark Silokek kini tengah digodok untuk menjadi sebuah warisan dunia. Upaya itu terus berjalan agar Silokek menjadi Unesco Global Geo­park. Bukan hanya di tingkat kabupaten, Geopark Silokek terus “dijual” hingga ke tingkat pemerintah pusat.

Agaknya Pemkab tidak hanya ingin menjadikan Geo­park Silokek sekedar destinasi wisata musiman saja. Cepat booming namun dengan sekejap pula redup. Melainkan sebagai konsep pembangunan daerah secara perma­nen dan berkelanjutan.

Dengan potensi yang dimiliki, Geopark Silokek pun masuk nominasi pariwisata di tingkat nasional. Artinya potensi itu ada, tapi butuh pengelolaan dan pengembangan maksimal.

“Tujuan Geopark Silokek bukan hanya sekedar sebuah tempat pariwisata yang instan. Tapi ini sebuah konsep pembangunan daerah berkelanjutan. Artinya bukan hanya pariwisata yang kita jual disini, melainkan banyak sektor yang akan di gerakkannya,” tutur Bupati Sijunjung Benny Dwifa.

Tak heran jika setiap tamu dae­rah yang datang pasti akan diajak berkunjung ke kawasan Geopark Silokek. Baru-baru ini kegiatan dae­rah pun lebih banyak diarahkan kesana.

Terbaru, Gubernur Mahyeldi Ansharullah mendukung Pemkab Sijunjung sepenuhnya untuk Geopark Ranah Minang (GRM) Silokek menuju Unesco Global Geopark (UGG).

Pemprov meminta a­gar Sijunjung  melakukan persiapan seluruh dokumen sejarah terkait dengan Minangkabau, PDRI dan sejarah Kereta Api di Sijunjung sebagai pendukung Geopark Silokek menuju Unesco.

“Selain itu juga bisa menggelar kegiatan School Stay Geopark untuk tingkat SMA di Sumbar ke GRM Silokek,” kata gubernur, saat menerima audiensi Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, bersama Sekretaris Daerah Zefnihan serta sejumlah pejabat lainnya, Sabtu (2/7).

Mahyeldi berharap kola­borasi antara  pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten dalam mengoptimalkan pemberitaan dan promosi terkait dengan Geopark Silokek.

Yang terbaru menurut Bupati, seluruh dosier dan dokumen pe­ngusulan Aspiring UGG yang sebe­lumnya telah mendapat rekomendasi Gubernur Sumbar, sudah di­selesaikan dan sudah dikirim ke Komite Nasional Geopark Indonesia (KNGI). “Saat ini dokumen sedang dive­rifikasi KNGI,” ujar Bupati Benny yang didampingi Sekdakab Sijunjung, DR.Zefnihan, Kadis Parpora Sijunjung, Afrineldi. (ndo)

Exit mobile version