Safari Ramadhan Tim I ke Nagari Silokek, Bupati Sijunjung Paparkan Sekolah Gratis dan Fasilitas BPJS

SALURKAN BANTUAN— Bupati Sijunjung, Benny Dwifa ke Nagari Silokek menyalurkan bantuan pembangunan Masjid Baitul Makmur, Silokek saat kunjungan Tim Safari Ramadhan Pemkab Sijunjung.

SIJUNJUNG, METRO–Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir menekankan agar tidak ada lagi anak-anak yang putus sekolah akibat terkendala biaya pendidikan. Melalui pene­rapan program bantuan keuangan khusus (BKK), Pemkab Sijunjung mensubsidi biaya pendidikan di tingkat SLTA dan sederajat.

“Jangan ada lagi anak-anak kita yang putus se­kolah. Kini sekolah di ting­kat SLTA sudah gratis, melalui program BKK yang kita terapkan. Sebentar lagi untuk perguruan tinggi kita tidak perlu lagi jauh ke Padang, karena kampus UNP akan diba­ngun di Sijunjung,” tutur Benny Dwifa, Rabu kema­rin.

Hal itu disampaikan Benny Dwifa saat turun bersama tim I safari Ramadhan ke Masjid Baitul Makmur, Nagari Silokek, Kecamatan Sijunjung. Ma­syarakat pun antusias menyambut kedatangan Bupati Sijunjung itu, bahkan jemaah yang datang memenuhi masjid hingga harus membuat syaf di luar masjid.

“Dengan adanya program ini menjadikan pendidikan hingga tingkat SLTA di Kabupaten Sijunjung gratis, dan itu kita akomodir bagi seluruh siswa yang bersekolah di Sijunjung, meskipun bukan orang Sijunjung,” sebut Benny.

Selain tentang bidang pendidikan, Benny juga menyampaikan program pelayanan publik yang kini memfasilitasi BPJS Ketenagakerjaan bagi pekerja informal di Sijunjung.

“Pemerintah daerah kini memberikan fasilitas dengan cara mengakomodir BPJS Ketenagakerjaan bagi petani, imam masjid, garin masjid, guru TPQ dan pekerja informal lainnya. Ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sebagai bentuk kepe­du­lian pemerintah daerah kita berikan fasilitas ini secara gratis,” ucap Benny.

Meskipun baru dica­nangkan, fasilitas BPJS Ketenagakerjaan tahun 2022 di Kabupaten Sijunjung telah mengakomodir sebanyak 1.333 peserta yang terdiri dari ma­sya­rakat pekerja informal di Sijunjung. “InsyaAllah tahun selanjutnya jumlah ini akan terus bertambah,” ungkap Bupati Sijunjung.

Selain itu, lanjutnya, Geopark Silokek menjadi tema secara umum pembangunan Sijunjung. “Ka­mi butuh dukungan dan kerjasama masyarakat untuk bersama memba­ngun Sijunjung. Salah satunya peran aktif masya­rakat untuk mengeksplor kawasan wisata Silokek itu sendiri,” harap Benny.

Momen safari Rama­dhan itu ditujukan untuk silaturahmi dan bertemu ramah antara pemerintah daerah dengan masya­rakat. Rombongam tim I tersebut juga diikuti oleh Ketua TP PKK, Ny.Riri Benny Dwifa, Kadis DPMN Khamsiardi, Kepala Kesbangpol David Rinaldo, Ketua KPU Lindo Karsyah, Kabag Kesra Admiriska, Kabag Protokoler, Kabag ULP dan rombongan lainnya.

Melalui kegiatan Safari Ramdhan, Pemkab Sijunjung juga memberikan bantuan pembangunan masjid yang dikunjungi  sebesar Rp10 juta, dengan total keseluruhan 40 mas­jid pada Ramadhan 1443 H tahun anggaran 2022 kali ini.

Melalui pemerintah nagari, Benny Dwifa berharap agar kehadiran dan peran pemerintah bisa selalu dirasakan oleh ma­syarakat. “Kami minta kepada Pak Walinagari untuk selalu memperhatikan dan mengawasi warganya, jika ada hal yang perlu dikordinasikan silahkan hubungi dinas terkait,” tambah Benny. (ndo)

Exit mobile version