Angin Kencang Disertai Hujan Landa Kota Arang, Dua Rumah Warga Alami Kerusakan

POTONG POHON—Tim BPBD memotong pohon yang tumbang menimpa rumah warga akibat angin kencang dan disertai curah hujan tinggi.

SAWAHLUNTO, METRO–Dampak angin kencang se­kaligus hujan lebat yang menyiram Kota Sawahlunto dan sekitarnya mengakibatkan tiga unit rumah pemukiman ma­syarakat mengalami rusak, Selasa malam (5/4). Kepala Bidang Kebencanaan BPBD Sawahlunto Donny Ikhsan menyebutkan, dua unit rumah yang rusak tersebut dua unit berada di Dusun Tabulamao Desa Kumbayau Desa Kecamatan Talawi.

Menyebabkan atap rumah korban terbang karena angin kencang. Sehingga untuk sementara keluarga korban saat ini mengungsi ke rumah kerabatnya. Satu unit rumah lagi yang rusak ditimpa pohon tumbang berada di Sumur Waru Kelurahan Durian Kecamatan Barangin.

Petugas BPBD yang diberi informasi semalam langsung diterjunkan sebanyak tiga tim.  Tim tersebut untuk membantu evakuasi mandiri, satu tim terdiri dari tujuh orang. Saat ini tindakan yang dilakukan a­dalah melakukan evakuasi terhadap peralatan rumah tangga dan juga membersihkan a­real sekitar rumah yang telah rusak.

“Tim kami juga memberikan terpal 4 x 6 untuk menutupi rumah yang rusak. Dalam membantu korban angin kencang dan hujan lebat ini tidak diperlukan alat berat, kami bergotong ro­yong dengan warga setempat dalam aksi cepat tanggap ini. Hingga siang hari ini semuanya telah selesai,” ujar Donny via telepon seluler,  Rabu (6/4).

Donny menjelaskan, bahwa petugas BPBD siap siaga 24 jam di Posko yaitu kantor BPBD.” Bila terjadi bencana alam kami akan segeralah bertindak, silahkan hubungi BPBD Sawahlunto,” ucap Donny. (pin)

Exit mobile version