Tim Terpadu Pemko Solok Sidak Pasar Pabukoan

SIDAK— Wakil Wali Kota Solok Ramadhani Kirana Putra yang melibatkan BPOM melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke lokasi Pasar Pabukoan.

SOLOK, METRO–Tim terpadu Pemerintah Kota (Pemko) Solok bersama Balai Besar Pengawasan O­bat dan Makanan (BBPOM) Sumbar melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Pasar Pabukoan, Kota Solok. Ke­giatan itu merupakan langkah antisipasi melindungi masyarakat konsumen dari bahan bahan berbahaya yang terdapat dalam makanan.

Wakil Walikota Solok, Ramadhani bersama petugas terkait mengambil sejumlah sampel makanan dan minuman yang dijual oleh para pedagang dipasar pabukoan dikawasan jalan Cengkeh, Kota Solok. Sempel makanan yang dibeli itu akan dilakukan uji laboratorium untuk mengetahui kandungan dari makanan serta minuman tersebut.

Berbagai jenis makanan dan minuman yang dijual akan diuji. Dan nantinya akan diketahui apakah dalam makanan dan minuman ditemukan bahan yang berbahaya bagi kesehatan.

Terlihat sampel minuman seperti cendol, rumput laut dan jenis kolak lainnya dibawa oleh petugas untuk diuji. Kendati demikian, pihaknya juga mengajak masyarakat untuk tidak terlalu takut berbelanja di pasarpabukoan kota Solok, sebab banyak pedagang jujur yang menggunakan pewarna makanan atau alami.

“Nanti hasilnya akan di periksa petugas di laboratorium dan hasilnya akan di­sampaikan pada Pemko Solok, kalau memang ada ditemukan penggunaan bahan berbahaya maka akan dilakukan penelusuran dan pembinaan,” ujar Rama­dha­ni.

Sidakyang dilakukan tim terpadu bersama BBPOM Sumbar lanjutnya merupakan upaya dalam pengawasan terhadap perdaga­ngan makanan dan minuman di kota Solok, terutama bulan Ramadan. Dan kegiatan ini juga sekaligus untuk me­ngupayakan pembinaan bagi para pedagang.

“kalau nantinya ditemukan adanya penggunaan bahan berbahaya seperti Boraks, Rodhamin dan Formalin, maka pihaknya akan me­lakukan penelusuran dan pem­­binaan terhadap pedagang yang bersangkutan. (vko)

Exit mobile version