Hingga Lebaran, Stok Daging Mencukupi di Kota Sawahlunto

Heni Purwaningsih Kadis Pertanian Perikanan dan Pangan.

SAWAHLUNTO, METRO–Stok daging sapi di Kota Sawahlunto dari awal puasa sampai lebaran dijamin cukup. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pertanian Perikanan dan Pangan Sawahlunto Heni Purwaningsih kepada Posmetro di ruang kerjanya, Selasa (5/4).

“Sampai saat ini ma­sya­rakat Sawahlunto belum ada mengeluhkan mengenai ke­tersediaan daging sapi,” ujar Heni Purwaningsih. Heni mengatakan, pihaknya me­ngaku memang tingkat konsumsi masyarakat Sawah­lunto terhadap daging sapi agak kurang dari tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan karena selain harga daging sapi yang meningkat juga dipengaruhi oleh prilaku hi­dup sehat.

“Ya akhir-akhir ini ma­syarakat Sawahlunto sudah beralih lebih banyak meng­konsumsi protein ikan daripada daging sapi. Menurut data konsumsi ikan dibandingkan tahun 2021 kemarin 24 persen  naik menjadi 36 persen tahun 2022. Ini membuktikan bahwa warga sudah lebih banyak beralih meng­konsumsi protein selain da­ging sapi. Ikan, telur, daging ayam, tahu dan tempe yang nilai proteinnya hampir sa­ma dengan daging sapi dan sedikit kolestrol,” imbuh Heni.

Heni menjelaskan, bahwa saat ini pihaknya akan mempersiapkan 2 paket jenis bantuan yang akan dilaunching ke masyarakat secara langsung april tahun 2022 ini. Bantuan itu akan diberikan secara gratis atau cuma-cuma. Paket pertama berisi 3 ekor kambing (1 jantan, 2 betina) per KK, 100 ekor itik per KK dan 100 ekor ayam per KK.

Kesemuanya akan diberikan pada warga yang sudah terdata oleh petugas spesialnya kepada warga kurang mampu yang memiliki kandang, menanam dan memiliki tanah untuk berternak serta kemauan. Paket kedua berupa sapi simental sebanyak 2 ekor kepada kelompok ternak/tani yang memenuhi standar persyaratan.

“ Kita bantu masyarakat untuk meningkatkan perekonomiannya dengan ternak. Duharapkan kedepannya dikembang biakan dulu, baru di panen. Sebab tujuan pe­nyerahan bantuan ini agar Sawahlunto bisa menpriduksi kebutuhan protein hewani sendiri, dan masyarakat Sa­wahlunto bisa membeli kebutuhan protein hewani dengan harga terjangkau,” ucap Heni. (pin)

Exit mobile version