OPD Dituntut Percepat Program Visi dan Misi Pemko Sawahlunto

PERCEPATAN KERJA— Wali Kota Sawahlunto Deri Asta mengingatkan, SKPD di lingkungan Pemko Sawahlunto untuk melakukan percepatan pelaksanaan program visi dan misi daerah.

SAWAHLUNTO, METRO–Walikota Sawahlunto Deri Asta mengingatkan,  terhadap jajaran pemerintahannya untuk melakukan percepatan pelak­sana­an program visi dan misi Pemko Sawahlunto.  “Kami sampaikan bahwa komitmen pada realisasi program visi dan misi itu harus dijaga, ditingkatkan dan dipercepat. Kita su­dah memulai dan hasi­lnya sudah mulai terlihat, maka sekarang mari kita maksimalkan betul, tolong kecepatan kerjanya ditambah lebih dari biasanya,” kata Walikota Deri Asta dalam pembukaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan Talawi, Rabu (26/1).

Deri Asta menyebut para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan jajaran pemerintahan terdepan (Camat, Desa dan Lurah) harus mampu membaca, menerjemahkan dan mewujudkan visi misi Pemkot yang sudah dirinci pelaksanaannya dalam Rencana Pemba­ngunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Katanya, mari kembali berfokus pada sembilan program unggulan Pemko, yaitu mendukung agama dan kebudayaan, pe­ningkatan kesejahteraan masyarakat dan pengembangan ekonomi kerakyatan, peningkatan kualitas pendidikan untuk membentuk Sumber Daya Ma­nusia (SDM) yang beriman kreatif dan berdaya saing, mewujudkan pemerintahan yang baik bersih dan inovatif. Kemudian, peningkatan mutu pe­layanan kesehatan, pe­ngembangan potensi wisata yang berkelanjutan.

“Selain itu menyediakan infrastruktur publik yang merata dan memadai, penanganan khusus pada kelompok marginal, lansia, disabilitas dan gang­guan jiwa serta mendukung smart city untuk peningkatan kualitas pe­layanan publik dan daya tarik investasi,” ujar Deri Asta.

Walikota menekankan, supaya jangan ada program visi dan misi Pemko itu yang tidak berjalan, karena itu jika jajarannya menemukan kendala da­lam melaksanakan itu ma­ka diminta agar secepatnya dilaporkan. Se­hingga bisa dibahas bersama jalan keluarnya, tidak boleh dibiarkan berlarut-larut yang membuat pekerjaan menjadi terhambat.

“Saat ini, kita telah terus mempertahankan menerima opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan, kemudian berbagai penghargaan atas beragam pres­tasi, termasuk yang baru ini kita berhasil menjadi daerah dengan penduduk miskin paling rendah se-Indonesia. Ini menunjukkan Pemkot Sawahlunto telah berada di jalur yang baik dan benar dalam mengelola pembangunan kota dan pelayanan ma­syarakat. Jadi sekarang bagaimana kita fokus mem­perkuat dan mempercepat kinerja,” kata Deri Asta.

Kepada para peserta Musrenbang Kecamatan itu, Wali Kota Deri Asta berpesan agar pemba­hasan rencana pembangunan itu disinkronkan pada visi dan misi Pemkot. (pin)

Exit mobile version