Tim Survei HBN 2021 Tinjau Lokasi Sejarah PDRI di Kabupaten Sijunjung, Peringatan HBN ke-73 Momentum Semangat Bela Negara

TINJAU --Tim Survei Hari Bela Negara (HBN) tahun 2021 ketika meninjau Lokasi Sejarah perjalanan PDRI.

SIJUNJUNG, METRO–Gubernur Sumbar Mah­yeldi berharap peri­ngatan Hari Bela Negara (HBN) yang ke-73 tahun 2021 ini menjadi momentun semangat Bela Negara Indonesia Raya dalam menjaga keutuhan dan kejayaan NKRI. Hal ini di­sampaikan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sumbar Nazwir SH.MM dalam rapat bersama walinagari dan tim survei peringatan HBN di Silantai Kecamatan Sumpur Kudus Selatan Kabupaten Sijunjung, Sabtu (31/7).

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kadis Pemuda Olahraga Bustavedia, Kabiro  Administrasi pim­pinan Hefdi SH MSi, Dinas Pendidikan, Dinas Pariwisata, Dinas LH, Kesbangpol Sijunjung. Nazwir katakan, semangat nilai-nilai bela negara ini mesti terus dikobarkan dalam men­jaga kesatuan dan persatuan Indonesia.

“Bagaimana semangat Syafruddin Prawiranegara mengambil inisiatif saat pusat pemerintah RI di Yogya jatuh ke tangan Belanda. Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Mohammad Hatta bersama berarapa menteri di tang­kap dan Belanda menyatakah Pemerintahan RI tidak ada lagi,” ungkap Nazwir.

Ia mengatakan, Keppres No.28/2006 yang menetapkan 19 Desember, tanggal terbentuknya Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI) yaitu 19 Desember 1948 sebagai Hari Bela Negara. Sjafruddin Prawiranegara merupakan pelaku sejarah dari PDRI yang juga sebagai Menteri Kemakmuran di­beri mandat untuk membentuk Pemerintah Republik Darurat di Bukittinggi Sumbar.

“Terbentuknya PDRI merupakan salah satu mata rantai tonggak sejarah yang sangat penting dalam perjalanan perjuangan kemerdekaan  bangsa Indonesia. Jika PDRI tidak ada maka Indonesia merdeka tidak ada juga,” kata Nazwir.

Kabiro Adpim Hefdi SH MSi mengatakan, peri­ngatan HBN 2021 kali ini akan disemarakan dengan berbagai event dan ke­giatan Dinas Pariwisata, Dinas Pendidikan, Dinas Kebudayaan, Kesbangpol Sumbar juga sebagai melestarikan nilai-nilai sejarah PDRI  pada setiap daerah yang dilalui PDRI.

“Ada event olahraga bersepeda Tour PDRI (Iti­nerary Tour De PDRI ), 13 hingga 19 Desember  2021 yang melewati dan menelusuri rute perjua­ngan PDRI yaitu  Bidar Alam Solok Selatan, Sungai Da­reh Dhamasraya, Sumpur Kudus Sijunjung, Lintau Buo Tanah Datar, Gaduik Bukittinggi dan Gunuang Omeh Koto Tinggi Lima­puluh Kota, “ kata Hefdi.

Dikatakan Hefdi, peringatan HBN 2021 diharapkan juga disemarakan de­ngan event daerah dan aktivitas masyarakat di kabupaten dan kota di Sumbar.  “Dinas pendidikan juga telah menyiapkan kegiatan bakaba PDRI (Story Telling) yang dilakukan setiap titik daerah yang dilalui dan juga akan melakukan kemah bakti siswa SLTA se Sumbar di lokasi  Gunuang Omeh Koto Tinggi, di sekitar monumen dan  museum PDRI,” ujar Hefdi.

Hefdi menambahkan, kegiatan tim survei kali ini ingin melihat langsung lokasi-lokasi yang akan dilalui dalam Tour de PDRI, serta mendata hal-hal dilapangan agar nanti dapat menjadi masukan da­lam menyukseskan pe­nyelenggaraan nantinya. (*/ndo)

Exit mobile version