Anggota Komisi IX DPR RI Darul Siska Bantu 150 Vaksinasi,Tingkat Vaksinasi Covid-19 di Sumbar masih Rendah

BANTUAN VAKSINASI— Anggota Komisi IX DPR RI Darul Siska mengunjungi Kota Sawahlunto membantu vaksinasi terhadap 150 warga kota dalam mendukung program pemerintah.

SAWAHLUNTO, METRO–Anggota Komisi IX D­PR RI Darul Siska kunjungi Kota Sawahlunto untuk vaksinasi 150 orang ma­syarakat Sawahlunto dan menyelenggarakan ke­giatan sosialisasi  penda­taan keluarga dan kelo­mpok sasaran Bangga Kencana, Sabtu (24/7) di Puskesmas Kampung Te­leng Sawahlunto

Dalam kegiatan vaks­inasi Covid – 19 ini, dise­diakan vaksin untuk 150 orang masyarakat. Usai divaksin diberikan peng­gantian uang transportasi, bantuan sembako dan ma­­kan siang.

Anggota DPR RI Ko­misi IX, Darul Siska me­nyebutkan, setiap kegiatan yang diselenggarakannya bagi masyarakat kini diin­tegrasikan dengan vak­sinasi. Hal ini untuk mem­bantu meningkatkan jum­lah masyarakat Sumbar yang divaksin.  “Kita me­lihat, bahwa tingkat vak­sinasi di Sumbar itu masih rendah. Sebagai wakil rak­yat, saya membantu untuk meningkatkan ini dengan mengadakan vaksinasi pada setiap kegiatan saya dengan masyarakat. Seka­rang di Sawahlunto kita selenggarakan ini, Alham­dulillah kita bisa sediakan vaksin untuk 150 orang masyarakat,” ujar Darul Siska.

Tak hanya itu, menyi­kapi kondisi vaksin di Sa­wahlunto yang saat ini mengalami keterbatasan, terutama untuk vaksin dosis kedua, Darul Siska menyampaikan bahwa dirinya juga akan berko­munikasi dengan peme­rintah pusat untuk me­minta tambahan vaksin bagi Kota Sawahlunto.  “Saya terus menjalin ko­mu­nikasi dengan Kemen­terian Kesehatan dan Bio Farma serta beberapa pihak terkait untuk me­minta penambahan vak­sin ke Sumatera Barat, juga Kota Sawahlunto,” kata Darul Siska.

Darul Siska menyam­paikan terimakasih ke­pada jajaran tenaga kese­hatan di Puskesmas Kam­pung Teleng yang telah membantu memberikan vaksin tersebut pada 150 orang masyarakat meski di hari Sabtu ini yang merupakan hari libur.

“Terimakasih, nanti saya akan berikan juga perhatian khusus, ada rewardnya pada tenaga kesehatan kita, mereka ini telah membantu dengan menjadi vaksinator mau­pun personel lainnya da­lam memberikan vaksin pada masyarakat kita di hari Sabtu ini yang mana secara jadwal kerja kan hari libur,” ujar Darul Sis­ka.

Tingkat vaksinasi di Sawahlunto saat ini, di­sam­paikan Walikota Sa­wah­lunto Deri Asta telah mencapai 18,46 persen. Angka ini masih akan ber­tam­bah terus karena ma­sih ada masyarakat yang sudah mendaftar dan baru akan divaksin, Minggu depan. “Kita terima lapo­ran dari Dinas Kesehatan selaku penyelenggara vaksin, bahwa saat ini masyarakat kita yang su­dah vaksin itu mencapai 10.000 orang. Itu akan terus bertambah, karena Alhamdulillah sekarang animo masyarakat Sa­wah­l­unto untuk ikut vaksin meningkat. Sudah banyak yang mendaftar dan ma­suk pada jadwal vaksin Minggu depan,” kata Wali­kota Deri Asta.

Target vaksin di Sa­wah­lunto sampai De­sem­­ber nanti, diung­kap­kan Walikota Deri Asta yakni 51.000 orang.  “Un­tuk di Provinsi Sumbar, saat ini kita di posisi 3 atau 4 kota yang paling tinggi tingkat vaksinnya dibandingkan 19 kota/kabupaten lain­nya,” ujar Deri Asta.

Dalam kesempatan ter­sebut, Walikota Deri Asta mengajak, para pe­serta vaksin tadi untuk menyampaikan kepada keluarga dan tetangga – tetangga untuk bersama – sama mengikuti vaksinasi sehingga herd imunity menghadapi Covid – 19 dapat terbentuk di Sa­wahlunto.  “Ini ikhtiar kita dalam menghadapi Covid – 19. Kita wajib ada ikhtiar, sekarang vaksin inilah ikh­tiar kita, juga protokol ke­sehatan,” ujar Deri As­ta.

Sementara, kegiatan sosialisasi pendataan ke­luarga dan kelompok sa­saran Bangga Kencana bersama BKKBN Sumbar yang diselenggarakan ber­kolaborasi dengan vaksi­nasi, dihadiri oleh jajaran pimpinan BKKBN Sumbar, Budi Mulyo yang mewakili Kepala BKKBN Sumbar. Kegiatan tersebut diisi dengan pemberian materi dari para narasumber BKKBN Sumbar. (pin)

Exit mobile version