UMKM Binaan Kelurahan Saringan Bertemu Wali Kota

BERTEMU— Pelaku UMKM Kota Sawahlunto Sorbat Puncer, produk rumah tangga bertemu dengan Wali Kota Sawahlunto Deri Asta di ruang kerjanya.

SAWAHLUNTO, METRO
Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Sawahlunto, Sorbat Puncer produk rumah tangga, Muharti dan Sandal Songket buatan Rachma Indika kedua warga Saringan Kecamatan Barangin Kota Sawahlunto, mengunjungi Walikota Sawahlunto Deri Asta diruang kerjanya, Jumat (19/3)

Mulyadi Lurah Saringan Muharti menyebutkan, baginya sangat perlu menyokong usaha dan bisnis UMKM yang dijalankan oleh kedua warganya ini dalam memenuhi kebutuhan ekonominya. “Sorbat buatan Muharti terdiri dari bahan jahe merah, jahe putih, sereh, gula pasir, gula jawa, kayu manis dan cengkeh. Sehingga dapat menyegarkan dan meningkatkan kekuatan serta kesehatan tubuh, diproses secara alami tanpa menggunakan zat kimia,” ungkapnya.

Bersama Muharti, Lurah Saringan juga membawa produk UMKM lainnya dari warga Saringan. Berupa sendal songket atau tenun Silungkang yang dibuat oleh Rachma Indika, yang memberdayakan produk turunan dari Songket Silungkang.

Kedua produk UMKM ini dibuat oleh warga Kelurahan Saringan, Kecamatan Barangin. Kita sangat meng-apresiasi kepada Muharti dan Rachma Indika (warga Saringan) yang telah berinisiatif berbuat untuk bergeraknya ekonomi disaat pandemi Covid-19.

“Kita arahkan para OPD terkait, untuk wajib memperhatikan dan membantu dalam pengembangan secara maksimal, potensi dari produk tersebut,” ujar Walikota Deri Asta.

Sementara itu, Rachma Indika memang sedari awal berkeinginan untuk terjun ke dalam urusan kerajinan, utamanya yang berhubungan dengan turunan dari Songket Silungkang. “Saya merasa, bagian dari hal itu. Sebab, merupakan cucu dari orang Silungkang dan tentunya mempunyai tanggung jawab moril dengan songket,” ungkapnya memberi argumen, didampingi oleh Ketua Kadin Kota Sawahlunto, Alkautsar Akbar yang selalu memberi motovasi bagi produk UMKM.

Sementara itu, Walikota Sawahlunto Deri Asta SH menyatakan bahwa, Songket Silungkang merupakan warisan budaya, yang sudah menjadi kebanggaan bagi kita, Kota Sawahlunto.

“Sehingga sudah selayaknya dan sepantasnya Pemko Sawahlunto untuk ikut mendorong, agar lebih berperan dalam mengarahkan kegiatan industri rumah tangga seperti ini, guna meningkatkan ekonomi kerakyatan, sesuai dengan visi-misi Pemko Sawahlunto,” ujar Deri. (pin)

Exit mobile version