Perpustakaan Umum Adinegoro Buka English Community

SAWAHLUNTO, METRO
Perpustakaan Umum Kota Sawahlunto tidak hanya menyediakan bahan bacaan  sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan.  Berbagai  kegiatan edukatif  seperti kelompok belajar, kelas dongeng, berbagai lomba, serta pelatihan keterampilan bagi masyarakat akan  menjadi bagian program kerja  inovatif Perpustakaan Umum yang dikelola Pemko Sawahlunto.

English Community atau kelompok belajar keterampilan bahasa Inggris adalah salah satu program edukasi yang telah dimulai sejak awal Desember 2020 di Perpustakaan Umum. Kegiatan yang dijadwalkan reguler setiap minggu ini cukup diminati kalangan pelajar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Kabid Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Sawahlunto Nova Zahara mengungkapkan, selain  telah merintis kelompok belajar bahasa Inggris, pihaknya di tahun 2021,  akan membuka kegiatan kelompok belajar matematika bagi pelajar.

Sedangkan pelatihan keterampilan menjahit, membuat aneka craft dan kuliner akan diselenggarakan untuk pelajar dan umum. Berbagai kegiatan inovatif tersebut merupakan transformasi mewujudkan perpustakaan berbasis inklusi sosial.  Di mana fungsi perpustakaan di era milenial ini dituntut berkembang, tidak hanya sebagai pusat sumber informasi tetapi lebih dari itu juga wajib memfasilitasi masyarakat dengan berbagai kegiatan pelatihan dan keterampilan, yang bertujuan untuk pemberdayaan sosial-ekonomi masyarakat.

Bagi masyarakat yang berminat mengikuti berbagai kegiatan edukasi dan pelatihan keterampilan di Perpustakaan Umum silahkan mendaftarkan diri ke Perpustakaan Adinegoro dan M.Yamin. “Semua kegiatan ini gratis untuk masyarakat, dan ini adalah realisasi mewujudkan pelayanan masyarakat yang lebih baik” ujar Nova Zahara. (cr2)

Exit mobile version