Stiker Tanda Layak Konsumsi Dipasang, Dinkes Perketat Pengawasan Depot Air Minum

SAWAHLUNTO, METRO
Stiker tanda layak konsumsi mesti dimiliki setiap Depot air minum galon yang ada di Sawahlunto. Hal ini diungkapkan Kasi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olahraga Dinas Kesehatan Sawahlunto Palakhi SKM, Senin (2/11).

“Buat masyarakat Kota Sawahlunto sebaiknya bila hendak membeli air minum isi ulang memakai galon air sebaiknya mendatangi langsung depot air minum tersebut. Sebab air minum isi ulang yang layak diminum masyarakat Sawahlunto adalah yang terdapat tempelan stiker terpasang di depot penjual masing-masing,” jelas Palakhi.

Dimana kata Palakhi, stiker tersebut dikeluarkan Dinas Kesehatan Sawahlunto sebagai tanda depot air minum tersebut telah menjual air minum galon layak dikonsumsi dan sehat serta stril untuk masyarakat. “Jadi pastikan ada terpasang di sana,” sebut Palakhi.

Menurut Palakhi, artinya depot air minum yang memiliki stiker telah melewati uji pemeriksaan Dinas Kesehatan Sawahlunto. “Kandungan air tersebut bebas ecoli dan koliforum,” tutur Palakhi.

Dia menambahkan, untuk saat ini sudah ada 55 depot air minum galon yang telah melalui uji pemeriksaan. Bila telah memenuhi syarat langsung dipasang stiker layak konsumsi. Bagi depot yang belum memenuhi syarat Dinas Kesehatan Sawahlunto maka harus melalui pemeriksaan ulang,” pungkas Palakhi. (cr2)

Exit mobile version