Tetap Perhatikan Standar Kesehatan, Wako Deri Asta Kunjungi Tiga Desa

SAWAHLUNTO, METRO
Wali Kota Sawahlunto Deri Asta kembali melakukan kunjungan kerja kesejumlah desa-desa, usai peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-75, Selasa (18/8).

Wali kota bersama rombongan mengunjungi 3 desa di Kecamatan Silungkang. Ketiga desa tersebut terdiri dari Desa Muaro Kalaban, Desa Silungkang Oso dan Desa Silungkang Tigo.

Dalam kunjungan ini, selain meninjau langsung kinerja Pemdes, Deri Asta juga berkomunikasi dengan sejumlah masyarakat yang ditemui di desa tersebut. Tak hanya menyampaikan seperti apa realita terkini program dan kebijakan Pemerintah Kota (Pemko), Walikota juga menyerap aspirasi dan laporan masyarakat mengenai situasi  terkini di lapangan.

Dikatakan Deri Asta, kunjungan seperti ini sangat diperlukan untuk mendapatkan kepastian bagaimana kondisi masyarakat di desa. Kemudian memantau sejauh mana keberhasilan program-program pemerintah dijalankan oleh ujung tombak pemerintah yaitu Pemerintah Desa. Pun juga banyak hal yang harus disosialisasikan secara langsung dengan bertatap muka bersama masyarakat terkait.

“Kita kan dari dulu sudah melaksanakan kunjungan ke desa – desa ini juga, namun saat mulai pandemi Covid-19 sempat kita hentikan dulu. Nah sekarang kita coba mulai kembali, namun kali ini dengan menerapkan standar protokol kesehatan,” sebut Deri Asta.

Dimulai dari Desa Muaro Kalaban, usai meminta laporan kinerja Pemdes setempat, Walikota Deri Asta melakukan pertemuan dengan sejumlah tokoh masyarakat. Dalam sesi tanya jawab, perwakilan unsur masyarakat Desa Muaro Kalaban mengajukan sejumlah usulan. Antara lain, bantuan untuk pengembangan budidaya kopi robusta, pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan beberapa usulan lain.

Di Desa Silungkang Tigo, Deri Asta menghadiri pelepasan bibit ikan di kolam kerjasama Pemdes Silungkang Tigo dengan warga setempat. Usai kegiatan pelepasan ikan itu, Walikota mengunjungi lokasi kebun milik Kelompok Wanita Tani (KWT) di sana. Sembari berdialog, Walikota Deri Asta mengarahkan Pemdes setempat untuk membantu pengembangan kebun milik ibu – ibu KWT tersebut.

Sementara di Desa Silungkang Oso, Walikota Deri Asta meninjau kawasan Mudiak Lurah yang akan dikembangkan menjadi objek wisata air terpadu.

Dalam kunjungan ke desa – desa tadi itu, Deri Asta didampingi Asisten Administrasi Pemerintahan Efriyanto, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dedi Syahendry, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Nova Erizon, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Marwan dan Kepala Bagian Kominfo Persandian dan Humas Setdako Sawahlunto Wiza Andrita. (cr2)

Exit mobile version