Sambut Lebaran 1441 Hijriah, Kroscek Lokasi Vital, Perketat Penjagaan

Laporan : Efanurza, Kota Pariaman
Menyambut lebaran tahun 2020, Walikota Pariaman H Genius Umar dan Wawako Mardison Mahyuddin melakukan kroscek ke lokasi -lokasi vital dalam daerahnya. Mulai dari pemeriksaan posko pembatasan sampai ke pasar-pasar dalam Kota Pariaman. Pengecekan tersebut dilakukan karena semakin tinggi tingkat kunjungan masyarakat ke Pariaman.

Makanya, menjelang hari raya tahun ini perlu dilakukan pengecekan kondisi lapangan dalam kondisi sekarang dan selanjutnya.

Kemarin, Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin usai melaksanakan sholat subuh berkunjung ke Pasar Pariaman dan Pasar Kuraitaji. Aktifitas pagi tersebut biasa ia lakukan sembari menyapa dan menyerap aspirasi dari warga masyarakatnya di Kota Pariaman.

Di samping itu, wawako juga membagikan ratusan masker kepada pedagang dan petugas kebersihan jalan. Ia juga memberikan sangsi bagi yang tidak menggunakan masker dengan hukuman push up dan berjanji tidak akan keluar rumah kecuali dalam keadaan memakai masker.

“Kita ingatkan kepada seluruh pedagang pasar untuk menggunakan masker, jika tidak pemerintah tidak akan izinkan pedagang untuk berjualan di pasar ini. Upaya ini kita lakukan sebagai salah satu cara agar penyakit yang berbahaya ini (covid-19) tidak menular ke tengah-tengah warga kita di Kota Pariaman,“ ujarnya.

Mardison Mahyuddin berharap hal ini betul-betul menjadi perhatian sehingga Kota Pariaman bersih dari virus covid-19 ini. “ Saya sangat sayang kepada warga Kota Pariaman dan berharap agar kita semua terhindar dari virus yang berbahaya ini,“ ujarnya.

Selain pedagang, sambung wawako, kita juga membagikan masker kepada petugas kebersihan jalan dan memberikan bonus amplop kepada mereka yang tidak memakai masker, tujuannya agar mereka sadar dan patuh terhadap keselamatan dirinya sendiri.

Saat itu Mardison Mahyuddin juga memberikan semangat dan motivasi kepada petugas kebersihan tersebut dan berpesan agar bekerja dengan ikhlas. “Semoga dari pekerjaan dan profesi kita ini mendapat rezeki dan berkah dari Allah SWT,” ujarnya.

Sebelumnya, Mardison Mahyuddin telah membagikan sebanyak 600 paket sembako berupa beras dan telur kepada masyarakat Kota Pariaman dimana yang terkena dampak dari virus corona atau covid-19.

Mardison Mahyuddin membagikan 600 paket sembako untuk warga Kota Pariaman yang terdampak krisis akibat dari wabah covid 19, di Kantor DPD Partai Golkar Kota Pariaman Minggu (17/5).

Pemberian paket sembako merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap masyarakat di Kota Pariaman dan sekaligus untuk membantu mengurangi beban masyarakat akibat covid-19. Adapun bantuan yang diberikan sebanyak 3 ton beras dan 18000 butir telur.

“Mungkin bantuan ini belum seberapa, namun ini sebagai upaya agar masyarakat dapat terbantu dengan kondisi sulit seperti ini akibat Covid-19, semoga dapat bermanfaat bagi masyarakat dan kita sama-sama berdoa agar pandemi Covid-19 ini segera berakhir sehingga kita dapat menjalankan ibadah puasa dan aktivitas lainnya kembali seperti sediakala,” ujarnya.

Pemberian sembako kali ini dibagi menjadi 3 (tiga) sesi, mulai pukul 09.00, 13.00 dan 16.00 sore. Sebelumnya Mardison Mahyuddin juga sudah memberikan bantuan berupa masker kepada masyarakat di Kota Pariaman. Pada kesempatan ini sebagai Wakil Walikota Pariaman, Mardison mengucapkan terima kasih kepada Partai Golkar yang telah menunjukkan kepeduliannya terhadap warga kota Pariaman yang sangat mengharapkan adanya bantuan ditengah lesunya ekonomi akibat pandemi covid 19.

Ia berharap dengan adanya bantuan ini masyarakat di Kota Pariaman tidak ada lagi yang mengeluh belum mendapatkan bantuan. Karena saat ini telah banyak bantuan yang diberikan kepada masyarakat, mulai bantuan dari Pemerintah Kota Pariaman, BUMN/BUMD, pihak swasta dan masih banyak lagi yang telah memberikan bantuan.

Selain empat titik posko perbatasan yang sudah ada seperti Balai Kuraitaji, Sunur, Sampan, dan Padang Birik-Birik, wawako minta perketat penjagaan di beberapa titik posko kecil yang ada di perbatasan Kabupaten Padang Pariaman dengan Kota Pariaman seperti posko di Desa Cubadak Mentawai, Koto Marapak dan ada beberapa titik lagi yang akan kita bangun posko bagi untuk memeriksa orang dan pengendara yang akan masuk ke Kota Pariaman.

Ia mengapresiasi petugas posko covid-19 yang telah bertugas siang malam tanpa kenal lelah, bekerjalah secara disiplin dengan tetap menjaga kesehatan masing-masing sesuai protokol covid-19.

Mardison juga minta petugas yang berjaga bekerja secara disiplin dan perketat pengawasan, tidak bisa bersantai. Selain itu, diminta juga seluruh pihak ikut terlibat jangan sampai hanya berpangku tangan.

Ia juga berpesan kepada seluruh kepala sekolah dan guru-guru se Kota Pariaman untuk ikut kontrol siswanya yang masing nongkrong dan keluyuran pada situasi PSBB Kota Pariaman.

Akibat maraknya aksi perampokan dan maling yang kerap terjadi di Kota Pariaman belakangan ini, Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin turun langsung monitoring aktifitas Pos Siskamling (sistem keamanan lingkungan) yang ada ditiap desa se Kota Pariaman.

“Dalam masa pandemi covid-19 seperti ini banyak masyarakat menengah kebawah yang terdampak terhadap perekonomian mereka, akibatnya angka kriminalitas semakin meningkat apalagi menjelang lebaran banyak kebutuhan yang harus dipenuhi,” ungkap Wawako Mardison Mahyuddin.

Wawako meminta agar pemuda memperketat penjagaan dan pengamanan di desanya masing-masing. Selain itu, sebagai bentuk apresiasi, Mardison juga memberikan masker secara gratis kepada warga yang berjaga di pos siskamling dan juga memberikan sedikit uang lelah.

Ia mengimbau agar warga masyarakat Kota Pariaman selalu disiplin dalam mematuhi protokol covid-19, rajin mencuci tangan, gunakan masker, dan menjaga jarak dengan lawan bicara serta mengindari kerumunan.

Mardison juga melakukan pendekatan secara persuasif kepada masyarakat yang masih duduk-duduk di warung, ia mengajak agar masyarakat untuk sementara waktu mengurangi aktifitas diluar rumah. “Semua ini kita lakukan demi kebaikan kita bersama, karena bencana ini merupakan tanggungjawab kita bersama juga. Semoga kita bisa memutus mata rantai penyebaran virus jenis baru ini di Kota Pariaman,“ tandas Mardison. (***)

Exit mobile version