Program Beasiswa ”Saga Saja” Dibuka untuk Siswa Miskin

WAKIL Wali Kota Pariaman Mardison Mahyuddin menyatakan Pemko Pariaman mulai 8 Mei hingga 5 Juni 2020 telah membuka pendaftaran program beasiswa Satu Keluarga Satu Sarjana (Saga Saja) untuk siswa miskin tamat SMA sederajat di daerah itu yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. “Kuotanya sama dengan tahun lalu yaitu 100 orang,” kata Mardison Mahyuddin, kemarin.

Mardison  Mahyuddin dan Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Pariaman Hertati Taher menyatakan kuota tersebut untuk lima perguruan tinggi yang menjalin kerja sama dengan Pemko Pariaman yaitu Universitas Indonesia dengan kuota 20 mahasiswa, sedangkan sisanya untuk Politeknik Kelautan dan Perikanan Pariaman, Politiknik Negeri Padang, Akademi Teknologi Industri Padang, dan Politeknik Pelayaran Sumbar.

Katanya, mekanisme pendaftaran program tersebut yaitu mulai dari melakukan pendaftaran langsung ke Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Pariaman, lalu pihak Pemko akan menyaring pendaftar berdasarkan sejumlah kriteria di antaranya dari keluarga miskin. “Rencananya pendaftaran dilakukan secara dalam jaringan atau daring, namun karena terdesak waktu maka pendaftaran sama manual,” ujarnya.

Dikatakan, dalam perjalanan pihaknya akan menerapkan sistem daring guna memudahkan pendaftaran. Pihaknya saat ini sedang menggiatkan sosialiasi terkait Saga Saja kepada warga miskin di daerah itu. “Kita berharap tahun ini jumlah siswa asal Kota Pariaman yang lulus ke perguruan tinggi yang bekerja sama dengan Pemko melalui Saga Saja bisa mencapai 100 orang. Pada tahun sebelumnya pendaftar hampir 300 orang, sedangkan yang lulus di perguruan tinggi hanya 36 orang, oleh karena itu kami meminta siswa untuk rajin belajar agar diterima di kampus yang diinginkan,” tambahnya. (efa)

Exit mobile version