Menuju Wisata Tahun 2020, Tetapkan Kawasan Wisata, Rangkul Semua Pihak

Laporan :
Efanurza
KOTA PARIAMAN
Pasangan Wali Kota Pariaman H Genius Umar bersama wakilnya, Mardison Mahyuddin hingga kini terus mengembangan pariwisata. Kota Pariaman kaya dengan potensi wisata, baik potensi bahari maupun alam. “Sekarang Pemko Pariaman susun dan tetapkan lokasi dan tim destinasi wisata Kota Pariaman. Artinya, lokasi tersebut ditetapkan dengan SK Walikota Pariaman,” kata Walikota Pariaman Genius Umar dan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman, Alfian, kemarin.

Katanya, saat ini membicarakan yang pertama penetapan kawasan destinasi wisata dan kedua penetapan tim terpadu dan kemudian struktur dari tim tersebut. “Kawasan destinasi ini perlu kita tetapkan, karena selama ini tidak ada kepastian bahwa kawasan tersebut masuk kawasan wisata atau tidak dan tentu kita tetapkan dengan Surat Keputusan (SK) Walikota Pariaman,” ujarnya.

Nanti masing-masing kawasan tersebut ada tim terpadunya, jadi jelas dikawasan itu ada tim yang mengawasi sesuai dengan tanggung jawab dilokasi tersebut. “Sekarang ini kita buat terlebih dahulu kawasan destinasi wisata yang sudah dikelola oleh Pemko Pariaman sedangkan kawasan destinasi wisata yang dikelola oleh desa, nantinya akan kita adakan lagi rapat dengan DPMD Kota Pariaman seperti apa polanya,” ujarnya.

Tapi yang jelas kalau lokasi yang dikelola oleh desa tentu saja kita dari Pemko Pariaman tinggal melakukan pembinaan dan pengawasan namun pelaksanaannya oleh desa.

Dengan harapan katanya, setelah rapat ini akan kita naikan SK nya , dengan adanya tim pengelola kawasan terpadu ini, pengawasan, pembinaan dan juga pemantauan terhadap kawasan destinasi wisata dan pengunjung tersebut lebih fokus. “Artinya setiap kawasan destinasi wisata yang kita miliki itu ada petugas yang mengawasi dan ada yang bertanggung jawab serta yang membina. Ketika ada sesuatu dilokasi maka tim ini langsung bergerak dengan cepat,” ujarnya.

Apalagi detinasi wisata Kota Pariaman telah didukung dari semua pihak, baik luar maupun dalam negeri. Kali ini dukungan untuk kemajuan wisata Kota Pariaman datang Pariaman Millenial Beach Runner.

Acara yang diselenggarakan komunitas Millenial Kreatif Piaman (MKP) yang difasilitasi oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman ini untuk mensinergikan generasi millenial untuk andil dalam meramaikan pariwisata Kota Pariaman dengan mengkolaborasikan antara olahraga dengan hiburan.

Alfian juga menyampaikan bahwa ini merupakan suatu kegiatan kreatif yang diadakan anak-anak muda Kota Pariaman yang digagas oleh Millenial Kreatif Piaman (MKP) berupa lomba lari di pantai dan kegiatan positif lainnya. “Kegiatan yang digagas oleh komunitas ini sangat didukung oleh Walikota Pariaman Genius Umar, karena sangat positif bagi perkembangan pariwisata Kota Pariaman,” ujarnya.

MKP merupakan anak-anak muda kreatif yang ada di Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman dengan beranggotakan 217 anggota. “Kegiatan ini murni diselenggarakan anak-anak muda dan merupakan potensi yang sangat besar, maka dari itu perlu peran kita memberikan dukungan dari OPD yang bersangkutan agar kegiatan ini bisa berjalan dengan baik dan lancar,” ujarnya.

Ketua Umum Millenial Kreatif Piaman (MKP), Rian mengungkapkan bahwa kegiatan bertujuan untuk meningkatkan minat olahraga, meningkatkan daya tarik wisata dan industri kreatif di Kota Pariaman. “Selain itu kita juga merangkul generasi millenial dalam suatu wadah untuk beraktifitas dan bersinergi dengan pemerintahan untuk aktif dalam pengembangan pariwisata di Kota Pariaman,” ujarnya.

Lebih lanjut ia juga sampaikan bahwa dalam kegiatan ini akan banyak hal positif akan kami lakukan dengan mendeglarasikan seperti gerakan millenial anti narkoba dan gerakan millenial anti LGBT.

“Kami juga berharap untuk stakholder dan dinas terkait bisa ikut mensukseskan acara ini agar Pariwisata Kota Pariaman lebih maju lagi bersama generasi millenial Kota Pariaman,” paparnya. “Artinya, Pariaman Millenial Beach Runner yang digelar Millenial Kreatif Piaman (MKP) ikut mewarnai wisata Kota Pariaman,” kata Rian Ketua Umum MKP.

Rian juga menuturkan bahwa Pariaman Millenial Beach Runner  bertemakan “ Forever Young, Stay Wealty With Funny” merupakan sebuah iven yang menggabungkan olahraga lari yang meningkatkan daya tarik wisata dan industri kreatif yang berkonsep euforia yang positif.

“Dengan konsep olahrahga lari pagi sambil bersenang-senang karena sepanjang rute akan ada posko-posko yang menyirami peserta dengan tepung bewarna-warni yang melewati spot-spot dan icon di Kota Pariaman dan sekaligus panggung hiburan serta game show “, ulasnya.

“Sebelum H-1 kami akan menghadirkan berbagai macam hiburan dan pentas seni yang akan menghiburkan peserta yang didominasi generasi millenial, Maka otomatis semakin banyaknya peserta yang berkunjung dan menginap di Kota Pariaman maka pendapatan dan ekonomi Kota Pariaman akan bertambah “, tandasnya.

Kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman, Alfian mengapresiasi positif kegiatan yang diselenggarakan komunitas MKP ini dan siap memfasilitasinya. “Karena generasi millenial bisa mensinergikan  dalam meramaikan Pariwisata  Kota Pariaman,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kominfo Kota Pariaman, Hendri juga menyampaikan bahwa akan mendukung dan mensuport kegiatan yang pertama digagas oleh generasi millenial. “Saya  juga mengharapkan agar berkoordinasi dengan pihak terkait agar kegiatan berjalan dengan baik dan mampu membuat gebrakan positif untuk memajukan pariwisata di Kota Pariaman,” ungkapnya mengakhiri.(***)

Exit mobile version