Wako Konsen Tingkatkan Pendidikan

WALI Kota Pariaman H Genius Umar mengatakan Pemko Pariaman sangat konsen meningkat taraf pendidikan di Kota Pariaman, sesuai dengan beberapa kebijakan yang telah dibuat.
”Mulai dari melanjutkan program wajib belajar 12 tahun mulai SD, SMP sampai SMA dengan tujuan agar rata-rata pendidikan di Kota Pariaman semakin meningkat dan tingkat kesejahteraan masyarakat Kota Pariaman juga semakin membaik,” kata Walikota Pariaman saat Pariaman Campus Expo 2019, kemarin.
Genius Umar memberi motivasi kepada seluruh peserta yang merupakan calon mahasiswa yang terdiri dari siswa-siswi SMA dan SMK se-Kota dan Kabupaten Padangpariaman.
”Manfaatkanlah masa SMA/SMK dengan sebaik-baiknya, tanamkan semangat belajar untuk bisa meraih prestasi dalam pendidikan, maka dengan prestasi tersebut akan mempermudah untuk masuk ke perguruan tinggi yang diimpikan dan cita-citakan,” ungkapnya.
Ia juga mengatakan bahwa Pemko Pariaman sangat konsen meningkat taraf pendidikan di Kota Pariaman, sesuai dengan beberapa kebijakan yang telah dibuat oleh Pemko Pariaman, pertama melanjutkan program wajib belajar 12 tahun mulai SD, SMP sampai SMA dengan tujuan agar rata-rata pendidikan di Kota Pariaman semakin meningkat dan tingkat kesejahteraan masyarakat Kota Pariaman juga semakin membaik.
Kedua, program satu rumah satu sarjana untuk keluarga miskin, ditahun ini kita sudah menyekolahkan sekitar 19 orang anak-anak Kota Pariaman sekolah di Politeknik Negeri Padang (PNP) yang bertempat di UNAND Padang dengan masa pendidikan selama 3 tahun.
“Kita juga menjalin kerjasama dengan Politeknik Perindustrian Padang dan Politeknik Pelayaran Padangpariaman, kita mengirim anak-anak Kota Pariaman yang berstatus keluarga kurang mampu untuk dapat menempuh pendidikan di tiga perguruan tinggi tersebut,” lanjut dia.
“Dengan harapan, setamat kuliah disana mereka bisa langsung diterima bekerja di perusahaan-perusahaan industri di Indonesia, mereka akan menerima gaji dengan begitu mereka bisa mengangkat derajat dan perekonomian keluarganya,” tukasnya
Di samping itu, lanjut Genius, Pemko Pariaman juga mendorong anak dan generasi muda di Pariaman ini untuk menempuh pendidikan setinggi-tingginya dan kuliah di perguruan tinggi yang mereka impikan, tidak sedikit pula lembaga-lembaga beasiswa dari perguruan tinggi di Indonesia yang bisa membantu.
Terakhir, Genius berpesan untuk seluruh peserta seminar bahwa untuk bisa sukses maju dan berkembang dimasa depan, kita harus harus selalu meningkatkan derajat pendidikan.
Sementara itu, Indah selaku panitia acara Pariaman Campus Expo 2019 saat diwawancarai mengatakan kegiatan Pariaman Campus Expo ini adalah program kerja mahasiswa Sumbar maupun diluar Sumbar yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa (Gempa) Pariaman. Pariaman Campus Expo 2019 ini berdiri sejak tahun 2013 dan sekarang adalah yang ke-6 (enam) digelar di Kota Pariaman.
Ia juga memaparkan bahwa jumlah peserta seminar Pariaman Campus Expo tahun 2019 ini adalah sekitar 1200 orang dan peserta try out sekitar 900 orang berasal dari siswa-siswi se-Kota dan Kabupaten Padangpariaman.
”Pada rundown acara ini ada sesi mentoring dimana pada sesi mentoring ini nanti peserta diberi kesempatan untuk menanya dan berdiskusi langsung dengan kami sesuai dengan masing-masing kelompok jurusan yang akan dipilihnya,” terangnya.
Kegiatan ini pada dasarnya merupakan sosialisasi untuk calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan perguruan tinggi di seluruh Indonesia.
Seminar juga menghadirkan narasumber, di antaranya Ketua Himpunan Pelajar Indonesia United Kingdom dan founder pulangkampuang.com, Faldo Maldini, Penerima Beasiswa Aktivis Nusantara 8, Nofriadi Kurnia Putra, Dosen UNP lulusan S2 University of Manchester UK, Dedi Supendra dan Presiden BEM KM Unand 2018, Faizil Putra.
Turut hadir, Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Zalman Zaunit, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Pariaman, Kanderi dan Kepala Dinas Pendidikan, Kebudayaan Padangpariaman, Rahmang. (efa)

Exit mobile version