28 Penerima Program Saga Saja, Ikuti Ujian Masuk UI Tahun 2022

UJIAN—Terlihat anak anak program Saga Saja saat mengikuti ujian masuk UI.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Pariaman Kanderi menyatakan saat ini sebanyak 28 orang calon penerima program Satu Keluarga Satu Sarjana (Sa­ga Saja) Kota Pariaman mengikuti Seleksi Masuk (SIMAK) Universitas Indonesia (UI) tahun 2022.  “SIMAK UI pada program Sa­ga Saja dilaksanakan di Labor Komputer SMP 2 Kota Pariaman,” kata Kanderi, kemarin.

Katanya, 28 Calon pe­nerima program Saga Saja untuk Tahun 2022 hari ini mengikuti SIMAK UI. Ujian dilaksanakan selama 3  jam mulai pukul 13.00 WIB sampai 15.00 WIB. “ Namun sebenarnya ujian boleh dilaksanakan dari mana saja, tetapi khusus untuk Kota Pariaman melalui program Saga Saja kita fasilitasi melaksanakan ujian di Labor SMP 2 Kota Pariaman,” ungkapnya.

Katanya, program Saga Saja merupakan salah satu program unggulan dibawah kepemimpinan Walikota Pariaman Genius Umar dan Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin. Program ini telah dimulai sejak tahun 2018 dengan mem­prioritaskan masyarakat Kota Pariaman yang kurang mampu.

“Sebenarnya ada 30 o­rang pelajar yang telah mendaftarkan diri untuk bergabung sebagai penerima program Saga Saja. Namun yang hanya mengikuti SIMAK UI sebanyak 28 o­rang. Sementara untuk 2 o­rang peserta, mereka telah dinyatakn lulus dengan ja­lur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri), “ tambahnya.

Ia berharap semua peserta yang mengikuti SIMAK UI akan lulus dan menuntut ilmu di perguruan tinggi UI. Namun semua itu kita kembalikan ke nilai yang akan dapatkan hari ini bagi para peserta.

Sementara itu Wakil Di­rektur Bidang Sumber Da­ya, Ventura dan Administrasi Umum Program Vokasi UI Priyanto usai bincang – bincang dengan peserta saat jam istirahat mengatakan bahwa Program Vokasi UI telah menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kota Pariaman untuk program Saga Saja.

“Pada dasarnya kita i­ngin mengembangkan kerjasama daerah industri dengan beberapa kabupa­ten/kota lainya bahkan Kota Pariaman juga telah terlibat langsung sehingga terjadi­nya pemerataan terkait kesempatan belajar di UI. Semua pelajar yang hari ini mengikuti SIMAK UI telah bersaing dengan pejalar lainnya se Indonesia. De­ngan ketatnya pesaingan, maka kami  memberikan semangat dan keyakinan sehingga lahirlah kepercayaan diri dari masing – masing peserta, “ ungkapnya.

SIMAK UI adalah seleksi masuk UI terpadu untuk berbagai jenjang dan program pendidikan yang ada di UI. Mahasiswa yang diterima melalui jalur SIMAK UI membayar biaya pendi­dikan sesuai dengan program pendidikan berdasar SK Rektor.

“Kita berharap kerjasama ini akan tetap berjalan setiap tahun, sehingga UI sendiri bisa memberikan dampak positif kedaerah lain diluar Pulau Jawa. Tidak hanya itu, kita juga menginginkan anak –anak Kota Pariaman semangat dalam melaksanakan SIMAK UI seperti semangatnya Pemko Pariaman menjalin kerjasama dengan pihak kami. Untuk ketentuan lulus, nanti akan kita informasikan Tanggal 15 Juli 2022,” tandasnya mengakhiri. (efa)

Exit mobile version