Komitmen dalam Semua Program untuk Kemajuan Daerah di Pariaman , Bina Keluarga Lansia, Bentuk Generasi Qurani

HADIRI—Wali Kota Pariaman H Genius Umar saat menghadiri acara lansia.

Laporan : EfanurzaKota Pariaman

Pemerintah Kota Pariaman dibawah pimpinan Wali Kota Pariaman H Genius Umar komitmen dalam segala urusan untuk kemajuan Kota Pariaman yang lebih baik. Bahkan dalam bidang lansia Kota Pariaman H Genius Umar komitmen harus tangguh, sehat, mandiri dan produktif. Hal ini menjadi tugas kader­ Bina Keluarga Lansia (BKL) da­lam melakukan pembinaan kepada keluarga lansia dan lansia itu sendiri. Wali Kota Pariaman, Genius Umar  menyatakan sebanyak 297 Kelompok BKL mengikuti bimtek penguatan kapasitas dan pengetahuan kader KB dalam rangka percepatan penurunan angka stunting di Kota Pariaman tahun 2022. “Kelompok BKL bertugas untuk melakukan pembinaan, edukasi, komunikasi dan informasi kepada keluarga lansia dan lansia itu sendiri untuk menciptakan lansia-lansia tangguh di Kota Pariaman,” ujarnya.

Lebih lanjut, Genius Umar juga menjelasakan bahwa lansia tangguh, se­hat, mandiri dan produktif ini yang harus diwujudkan oleh kader BKL. “Un­tuk melakukan hal itu, kader BKL harus bisa membuat suasana se­nang, dengan cara mempelajari psi­ko­logi orangtua. Lansia itu harus di­dengar­kan keluhannya, diberi per­ha­tian agar ha­tinya berbahagia dan tidak merasa sendiri,” terangnya.

“Selain itu, lansia harus produktif atau diberi kesibukan seperti menyulam dan melakukan hal yang positif agar hati lansia ini tetap senang dan bahagia,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan bahwa tugas seorang kader BKL adalah tugas yang mulia, dimana harus membuat hati lansia tersebut selalu bahagia. “Semoga lansia tangguh, sehat, mandiri dan produktif bisa terwujud dan kita berharap mudah-mudahan lansia Kota Pariaman sehat dan bahagia,” ungkapnya.

Tempat terpisah, Pemko Pariaman dalam bidang pendidikan di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awali­yah (MDTA) Al-Furqan Cubadak Air ber­sama rumah tahfidz Ummu Atta menggelar lomba Tahfidz Qur’an tingkat, SD, SMP dan SMA.

Sebanyak 37 peserta dari Kota Pariaman maupun Padangpariaman tampak antusias mengikuti lomba yang berlangsung selama dua hari dari tanggal 16 sampai 17 April 2022. Ada 3 kategori yang diperlombakan, tingkat SMP/SMA, tingkat SD dan kategori surat pilihan.

Kepala Desa Cubadak Air, Sabar Ali mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. “Karena dibulan suci ramadhan ini sangatlah baik kita melakukan aktifitas yang positif seperti halnya lomba tahfidz quran ini ,” terangnya.

Dikatakannya bahwa, Desa Cubadak Air ini dulunya banyak mencetak qori dan qoriah terbaik, namun sekarang muncul generasi penghafal quran di desa ini. Sabar Ali juga berharap mudah-mudahan dusun lainnya di Desa Cubadak Air ini dapat membuat kegiatan serupa yang tujuannya sangatlah mulia untuk melahirkan generasi penghafal quran. “Ini bukan semata-mata tugas pendidik saja, namun peran orangtua adalah yang utama,” ungkapnya. Kami selaku aparat pemerintahan akan memperjuangkan kegiatan ini. Alhamdulillah untuk Mushalla Al-Furqan ini sudah difalisitasi tenaga pendidik yang profesional, karena program ini sangat bagus dan harus kita tingkatkan kedepannya. (***)

Exit mobile version