Reformasi Biokrasi Langkah Awal Dukung Program Pemerintah

REFORMASI— Wali Kota Pariaman Genius Umar dan kapolres saat acara reformasi biokrasi.

Wali Kota Pariaman H Genius Umar menyatakan reformasi birokrasi merupakan salah satu langka awal mendukung program pemerintah.  “Salah satunya untuk melakukan penataan terhadap sistem pe­nye­lenggaraan pemerintahan yang lebih baik, efektif dan efisien, sehingga dapat melayani masyarakat secara cepat, tepat dan profesional, dalam mewujudkan Good Governance dan Clean Goverment,” kata Walikota Pariaman H Genius Umar , kemarin, usai pencanangan zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) yang­ dicanangkan oleh Polres Pariaman.

Genius juga menuturkan bahwa pihaknya mendukung penerapan WBK dan WBBM di setiap organisasi vertical, dan juga OPD yang bersentuhan langsung dengan pelayanan publik yang ada di Kota Pariaman.

“Semoga dengan sema­kin banyak nanti yang men­dapatkan predikat WBK dan WBBM, menunjukan Kota Pariaman, semakin lebih baik dalam perwujudan Reformasi Birokrasi dan pelayanan publik yang ada di Kota Pariaman,” tukasnya.

Katanya, pembangunan zona integritas, dianggap sebagai role model Reformasi Birokrasi dalam penegakan integritas dan pelayanan berkualitas, dengan demikian pembangunan Zona Integritas menjadi aspek penting dalam hal pencegahan korupsi di pemerintahan. “Pencanangan ini, telah sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 81 tahun 2010 tentang grand design reformasi birokrasi 2010-2025, saat ini pelaksanaan reformasi birokrasi telah memasuki periode kedua, dimana pada periode pertama hingga periode kedua telah tercapai banyak kondisi yang mendukung sasaran reformasi biro­krasi,” ungkapnya.

Genius juga menjelaskan bahwa sasaran Reformasi Birokrasi yaitu birokrasi yang bersih, akuntabel, dan berkinerja tinggi, biro­krasi yang efektif dan efi­sien, dan birokrasi yang mem­punyai pelayanan pu­blik yang berkualitas.

”Birokrasi sebagai pelaksana tugas pemerintah terus melakukan perubahan dalam mencapai sasaran Reformasi Birokrasi dengan meningkatkan kualitas pelayanan publik serta memudahkan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, sehingga ma­sya­rakat merasakan hasil percepatan Reformasi Biro­krasi yang telah dilakukan pemerintah,” tandasnya mengakhiri. (efa)

Exit mobile version