Pembukaan Porprov 2018 Meriah, Mirip PON dan SEA Games, Ditaburi Kembang Api dan Tarian Kolosal

TARIAN kolosal dan taburan kembang api memeriahkan acara pembukaan Pekan Olahraga Dalam Propinsi Sumatera Barat ke XV tahun 2018 di Gelanggang Olah Raga (GOR) Kecamatan VII Koto Sungai Sariak, Kabupaten Padangpariaman. Acara pembukaan tersebut disamping meriah juga dibanjiri penonton dari berbagai daerah pada hadir. Kondisi demikian sangat mirip dari pembukaan acara iven-iven besar bertaraf nasional, seperti PON dan Sea Games. Tak heran lagi upacara pembukaan Porprov Senin malam itu tampak benar-benar berlangsung meriah. Selain dimeriahkan parade atlet, utusan kabupaten/kota yang akan berlaga dalam ajang Porprov.
Apalagi penyalaan api obor dilakukan duta olah raga Sumatra Barat yang terdiri dari atlet Sumbar, suasana juga terlihat semakin semarak tampilnya ratusan penari kolosal, bertemakan galitiak Anggun Nan Tongga Magek Jabang.
Tak ayal, berbagai atraksi tersebut mampu membuat suasana pembukaan menjadi terasa begitu hangat, meski beberapa saat sebelumnya, daerah Kabupaten Padangpariaman dan sekitarnya termasuk arena pembukaan Porprov sempat diguyur hujan cukup lebat
“Kami mengucapkan selamat datang kepada seluruh para tamu undangan kami, yang telah hadir dalam acara pembukaan Porprov ke XV yang dipusatkan di GOR Sungai Sariak, Kecamatan VII Koto Sungai Sariak Kabupaten Padangpariaman yang sangat kita cintai ini,” kata Bupati Padangpariaman H Ali Mukhni saat acara pembukaan.
Tampak hadir dalam kesempatan itu, antara lain, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Ketua Koni Pusat Mayjen Por To Suratman, Walikota/Bupati se Provinsi Sumatera Barat, Wakil Walikota dan Wakil Bupati se-Sumatera Barat, mantan Gubernur Sumbar Ir H Azwar Anas, anggota DPR-RI, DPD, Ketua Koni se-Sumatera Barat, jajaran TNI/Polri, tokoh perantau dan sejumlah tokoh masyarakat Sumbar dan Padangpariaman lainnya.
Bupati Padangpariaman Ali Mukhni dalam kesempatan itu juga menegaskan jumlah kontingen yang turun dalam Porprov kali ini 8165 orang, terdiri dari atlet sebanyak 7275, dan 990 wasit dan pelatih.
“Sebagai tuan rumah tentunya kami ingin memberikan yang terbaik kepada para tamu, makanya pelaksanaan pembukaan Porprov kali ini jauh berbeda dari Porprov sebelumnya,” terang Ali Mukhni.
Salah satu keistimewaan Porprov kali ini sebutnya, antara lain adanya lagu bertemakan Porprov yang diciptakan sendiri oleh PNS di lingkungan Dispora Padangpariaman. “Selain itu sebagai wujud keseriusan kami sebagai tuan rumah, maka Gor Sungai Sariak juga didesain sebagus mungkin. Dan seperti yang terlihat saat ini GOR yang megah ini hanya disiapkan dalam jangka 35 hari,” terangnya.
Lebih istimewa lagi, sistim informasi selama pelaksanaan Porprov juga menggunakan system informasi berbasis IT, didukung aplikaso Sim Dragon. Di samping panitia juga menyediakan Portal khusus, sehingga masing-masing peserta bias mengakses langsung detik-demi detik setiap perkembangan Porprov. Mulai dari lokasi venue pertandingan, jadwal dan waktu pertandingan, hingga hasil perolehan medali lengkap dengan nama atlet yang berhasil meraih medali.
“Sebagai seorang mantan atlet dan pelatih berlisensi nasional. Baru kali informasi Porprov disajikan sedemikian detil. Inilah salah satu wujud komitmen kami dari Pemda Padangpariaman bersama Forkopimda untuk menampilkan beragam inovasi berbasiskan IT, yang belum pernah ditemukan dalam kegiatan Porprov sebelumnya,” imbuhnya.
“Yang paling luar biasa adalah data perolehan mendali juga selalu diperbaharui setiap detik, inilah salah satu wujud inovasi dan keunggulan Padangpariaman semuanya telah berbasiskan Informasi Teknologi (IT) di daerah ini,” terangnya.
Tidak kalah pentingnya, selaku tuan rumah sebut putra V Koto Kampuang Dalam ini, pada ajang Porprov kali ini, Padangpariaman tidak hanya bertekad sukses tuan rumah tapi juga sukses dalam prestasi sebagai juara umum.
“Setahu saya sejak Porprov digelar juara umumnya belum pernah lepas dari Kota Padang. Makanya kali ini dengan mengharap ridha Allah, kita dari Padangpariaman telah bertekad untuk bisa keluar sebagai juara umum. Artinya, kita Padangpariaman ingin sukses sebagai panitia dan juga sukses sebagai juara umum,” ujarnya yang disambut yel-yel pengunjung yang hadir.
Sementara itu, Ketua KONI, Pusat Mayjen TNI (Purn) Tono Suratman, dalam kesempatan itu mengucapkan selamat berkompetisi kepada para atlet yang bertanding, dengan tetap menjunjung tinggi sportivitas dan semangat berolahraga.
“Seperti diketahui olah raga itu menuntut kita agar bersifat jujur, berani serta selalu mengedepankan semangat persahabatan dan persatuan, karena saya sangat mengapresiasi pelaksanaan Porprov yang berlangsung di Padangpariaman,” ujarnya.
Sementara, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengaku sangat mengapresiasi hasil kerja keras Bupati Padangpariaman sehingga pelaksanaan pembukaan Porprov bisa berlangsung begitu meriah.
“Kemeriahan itu telah terlihat sejak awal kedatangan, dimana para tamu disambut dengan berbagai atraksi hiburan dan tari-tarian tradisional. Itulah hebatnya Pak Bupati Ali Mukhni, untuk itulah kita tentu sangat mengapresiasi upaya Pak Bupati dan masyarakat Kabupaten Padangpariaman,” terangnya.
Diakiunya, pelaksanaan Porprov memang sangat penting sebagai tolak ukur hasil pembinaan atlet di Sumbar selama ini, termasuk sebagai bahan evaluasi bagi para atlet dan tim pelatih atas upaya yang telah dilakukan selama ini.
“Selain itu ajang Porprov juga sangat penting artinya sebagai jenjang pembinaan atlet sekaligus mencari bibit atlet sebagai persiapan menghadapi kejuaraan yang lebih tinggi. Seperti menghadapi kejuaraan Porwil yang akan dilangsungkan di Bengkulu beberapa waktu mendatang.
Begitu pula untuk menghadapi Kejuaraan PON dua tahun mendatang di Provinsi Papua,” terangnya. Untuk itulah lanjutnya, para pemenang pada kejuaraan Porprov ke XV kali ini nantinya bakal dibina dan disiapkan secara optimal guna menghadapi kejuaraan PON dua tahun mendatang di Provinsi Papua. (***)

Exit mobile version