Kembangan Wisata Baru untuk Kemajuan Daerah, Apresiasi DPR RI, Tingkatkan Ekonomi Masyarakat di Kota Pariaman

GUNTING PITA—Wako Genius Umar saat gunting pita tanda diresmikan wisata sawah.

Laporan :Efanurza Kota Pariaman

MemasukI tahun 2022 Kota Pariaman terus melakukan pengembangan daerah sesuai dengan misi dan misinya.  Ke­napa tidak dibawah pimpinan Walikota Pariaman H Genius Umar pengembangan destinasi wisata baru di Kota Pariaman makin hari makin menampakkan perkembangan yang begitu baik. Lihat saja destinasi wisata sawah yang terletak di Dusun Kampung Sato, Desa Pauh Timur, Kecamatan Pariaman Tengah Kota Pariaman yang dibangun melalui alokasi dana ADD Desa.

Wali Kota Pariaman Genius Umar, mengakui saat ini pi­haknya melalui Pemko Pa­riaman terus upayakan pe­ngem­bangan sektor kepa­riwisataan daerahnya. Se­hingga munculnya kawasan wisata-wisata baru di Kota Pariaman merupakan sebuah upaya suksesnya pembinaan Pemko Pariaman ke ma­syarakat dan pemerintah terendah di Kota Pariaman. “Karena sektor kepariwisataan ini sangat mampu mengangkat dan me­nam­bah nilai ekonomi ma­syarakat sekitar destinasi, disamping itu, hadirnya konsep wisata sawah oleh Desa Pauh Timur ini juga menjadi edukasi pendidikan dan pengetahuan tentang bagaiman petani dalam menggarap sawahnya,” ujar Walikota Pariaman H Genius Umar, kemarin.

Genius mengharapkan ini merupakan menjadi langkah awal bagi desa untuk maju, namun untuk kelanjutannya mesti juga dilengkapi dengan sarana kuliner,sarana parkir, dan objek pendukung lainnya sehingga akan menjadi sebuah paket wisata sawah yang ramah dan mempunyai daya tarik bagi pengunjung untuk datang ke destinasi ini. “Kita harapkan dukungan dari se­luruh pihak dan dinas-dinas terkait untuk mampu mendu­kung aspek pembangunan yang dilakukan oleh desa-desa dan kelurahan yang ada di Kota Pariaman ini, yang akan ber­dampak baik bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat kita,” ujarnya.

Artinya, sekarang Kota Pariaman seperti mempunyai magnet untuk orang datang berkunjung ke kota Pariaman. Selain Kota Pariaman terkenal dengan Pesta Budaya Ta­buiknya ini, terbukti hari ini kemarin, Kota Pariaman kembali dikunjungi oleh Anggota DPR RI, kali ini adalah Darul Riska, dari Fraksi Golkar, daerah pemilihan (Dapil) Sumatera Barat 1 beserta rombongan lainya.

Rombongan anggota DPR RI ini disambut langsung oleh Walikota Pariaman, Genius Umar, serta dijamu makan siang bersama dengan menu kuliner khas Pariaman, berupa gulai kapalo lauak (kepala ikan), sala bulek, dan ada juga rendang dan gulai ikan. Darul Riska mengapresiasi pembangunan yang pesat di Kota Pariaman sejak dijabat Genius Umar sebagai walikota, dan ini terlihat dengan  maraknya pemba­ngunan destinasi wisata dan infrastruktur lainya yang mem­percantik wajah Kota Pariaman.

“Dulu saya pernah menjadi anggota DPR RI Dapil Sumbar II, ya termasuk Kota Pariaman ini, dan 3 bulan sekali pasti saya datang untuk berkunjung dan menemui konstituen saya, pembangunan waktu itu belum banyak dan tidak semarak dan secantik saat ini, dimana Kota Pariaman sudah menjelma menjadi daerah tujuan wisata di Indonesia,” ujarnya.

Ia juga memuji Genius Umar yang dengan piawai dan kegeniusan dirinya, dapat membangun beberapa infra­struktur dengan menggunakan dana pemerintah pusat yang ada di beberapa Kementerian, sehingga tidak membebani APBD Kota Pariaman . “Sebut saja Pasar Pariaman, Talao Pauh, Water Front City Batang Pampan, belum lagi bantuan sosial yang sangat banyak diterima oleh warga Kota Pa­riaman, dan yang tidak ada di daerah lainya, yaitu pem­bangunan jalan nol budgeter, tanpa biaya APBD, malah masyarakat yang memberikan tanahnya untuk dibikinkan jalan, ini mungkin satu-satunya di indonesia,” ujarnya.

Sementara itu, Walikota Pariaman, Genius Umar me­nga­takan dengan apresiasi yang dirinya terima, hal ini merupakan kerja sama dari seluruh pihak, stakeholder dan masyarakat, yang tentunya hal ini akan lebih memotivasi kami untuk lebih giat lagi membangun Kota Pariaman, agar dapat bersaing dengan kota-kota lainya yang ada di Indonesia.

“Kami mengucapkan te­rimakasih atas kunjungan dari Anggota DPR RI Komisi IX, Darul Riska yang datang ber­sama rombongan ke Kota Pariaman, semoga kunjungan yang singkat ini, akan mem­bekas dan menjadi jembatan hati antara Pemko Pariaman dengan bapak,” ungkapnya.

Genius juga mengajak rom­bongan ini, mengunjungi des­tinasi wisata unggulan Kota Pariaman, yaitu Pantai Gan­doriah, dan berkesempatan untuk melakukan sesi foto bersama dan menyopiri sendiri angkutan wisata yang dipunyai Pemko Pariaman, mengitari kawasan pantai di Kota Pa­riaman. “Semoga kunjungan anggota DPR RI dan rom­bongan ini, dapat memberikan imbas nantinya dari program-program yang ada di Ke­menterian di bawah mitra kerja Pak Darul Riska, sehingga akan semakin banyak bantuan yang akan diterima oleh ma­syarakat Kota Pariaman, yang nantinya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat kita,” tandasnya mengakhiri. (***)

Exit mobile version