Komitmen Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Kota Pariaman, Serahkan Bantuan Masyarakat

BANTUAN— Wako Pariaman H Genius Umar serahkan bantuan peningkatkan ekonomi.

Laporan : Efanurza Kota Pariaman

Pemerintah Kota Pariaman saat ini dibawah pimpinan Walikota Pariaman H Genius Umar dan Wakilnya, Mardison Mahyuddin komitmen dalam memberdayakan masyarakat dalam daerahnya. Bah­kan pada masa pandemi covid 19 ini pasangan kepala daerah tersebut semakin meningkatkan intensitasnya dalam meningkatkan ekonomi masya­rakat.  Lihat saja kemarin,  Walikota Pariaman Genius Umar serahkan 40 ekor sapi dewasa dan 2 Unit Pengola­han Pupuk Organik   ( UPPO ) ke Kelompok Tani (Keltan) di Kota Pariaman.

Bantuan sapi dan 2 UPPO ini adalah tindak lanjut dari kunjungan Komisi IV DPR RI ke Kota Pariaman beberapa waktu yang lalu. “Berkat kerja keras kami di Pemerintah Kota Pariaman, diakhir tahun 2021 ini, Kelompok Tani di Kota Pariaman mendapat berkah dari kunjungan Komisi IV DPR RI yang datang bersama Kementerian Pertanian ke Kota Pariaman, pada 9 Desember yang lalu, dimana Kota Pariaman mendapatkan bantuan sapi dewasa sebanyak 40 ekor, ditambah dengan 2 UPPO,” ujar Walikota Pariaman H Genius Umar, kemarin.

Genius menuturkan bantuan 40 ekor sapi dewasa ini dengan rincian, 12 sapi untuk Kelompok Tani di Desa Padang Cakur dan 12 sapi untuk Kelompok Tani Desa Batang Tajong­kek, yang sama-sama berada di Kecamatan Pariaman Selatan, ucap­nya. “Selanjutnya ada 8 Sapi untuk di UPPO Desa Marunggi, Kecamatan Pariaman Selatan dan 8 Sapi untuk UPPO Desa Padang Birik-Birik, Kecamatan Pariaman Utara, dimana selain bantuan sapi, untuk UPPO ini juga diberikan bantuan berupa pembuatan kandang, bentor (becak motor), rumah pakan dan mesin chopper (mesin pencacah rumput),” ungkapnya.

Orang nomor satu di Kota Paria­man ini juga menceritakan bagaimana dirinya merasa tersentuh dengan semangat masyarakat Desa yang ada di Padang Cakur, Batang Tajongkek dan Marunggi ini, yang dengan sukarela menyerahkan tanahnya untuk pembukaan jalan baru. “Hati saya terenyuh dengan keikhlasan dari masyarakat kita yang telah menyerah­kan tanahnya untuk dibangun jalan, jadi saya berpikir apa yang bisa saya berikan untuk bapak dan ibu semua, dan alhamdulillah, hari ini kami dapat memberikan bantuan sapi dan UPPO ini kepada masyarakat kita tersebut,” ujarnya.

Genius berharap, bantuan yang didapat dari Kementerian Pertanian ini, hendaknya dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan para anggota dari kelompok tani, sehingga mereka dapat meningkatkan kesejahteraan mereka dengan merawat dengan baik sapi yang telah diserahkan ini, sehingga dapat berkembang biak, dan meng­hasilkan nantinya.

Sementera itu, Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kota Pariaman, Dasril mengatakan, bahwa bantuan ini tidak serta merta datang begitu saja, tetapi membu­tuhkan sinergi dan pendekatan yang baik, antara daerah dengan pusat. “Bapak dan ibu, bantuan ini tidak datang begitu saja, tetapi upaya dari pak Wali yang gigih meminta bantuan ke pusat, dan dengan lobi beliau, akhirnya Komisi IV DPR RI berkun­jung ke Kota Pariaman dengan membawa Anggota DPR RI sebanyak 18 orang, hal ini sangat luar biasa, sehingga atas usulan mereka, Ke­men­terian Pertanian RI memberikan bantuan yang bapak/ibu terima hari ini,” tuturnya.

Dasril juga menghimbau agar bantuan yang diserahkan ini, dapat dirawat dengan baik, jangan sampai ada yang dijual, kalau ada yang sakit segera berkordinasi dengan Dinas yang dipimpinya, sehingga sapi-sapi dan UPPO yang ada nantinya, benar-benar dikelola dengan baik dan profesional.   Kemudian Pemerintah Kota Pariaman melalui Dinas Per­tanian, Pangan dan Perikanan menyerahkan bantuan ternak 300 bibit ayam petelur dan 1000 butir telur untuk masyarakat Kota Pariaman di Desa Cubadak Air, Kecamatan Paria­man Utara. “Terkusus 1000 butir telur tersebut kita serahkan untuk kelompok tani di Desa Cubadak Air untuk segera dibagikan, karena desa ini memiliki mesin penetas telur,” ujar Genius. Ia juga katakan, bahwa ini sebagai bentuk ucapan terima kasih kita kepada masyarakat Desa Cubadak Air yang telah rela menghibahkan tanahnya untuk dibuatkan jalan.

Genius terkesan dengan masya­rakat Cubadak Air yang mempunyai sifat gotong royong yang kuat, secara bersama-sama membangun Kota Pariaman kearah yang lebih baik.­“Semoga bantuan ini dapat diman­faatkan sebaik-baiknya dan ternak tersebut bisa berkembang dikemudian hari sehingga dapat membantu pere­ko­nomian masyarakat,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kota Pariaman, Dasril mengatakan, sebanyak 300 ekor ayam dan 1000 butir telur bibit untuk ditetaskan diserahkan secara simbolis langsung oleh Bapak Walikota Pariaman. “Tidak hanya untuk warga Cubadak Air, penerima 13 orang lainnya yaitu dari kelompok tani Maju Bersama Desa Marunggi, 1 orang Sungai Pasak, 1 orang Kelurahan Pasir, 1 orang Kelurahan Alai Galombang, 2 orang Desa Tanjung Sabar dan 12 orang dari Desa Cubadak Air,” jelasnya.

Diharapkan masyarakat yang menerimanya dapat memanfaatkan­nya dengan baik, selain untuk dikon­sumsi dan diperjual belikan diharap­kan masyarakat bisa mengembang­biakan ternak tersebut. Dasril menye­butkan bahwa kegiatan ini sudah beberapa kali dilakukan tujuannya untuk me­ringankan beban masya­rakat terutama di pedesaan yang masih berke­kurangan dari segi ekonomi. Turut hadir, Kepala Dinas Kominfo, Adi Junaidi, Camat Pariaman Utara, Ahadi Nugraha, Pj Kepala Desa Cubadak Air, Afwandi, Pj Kepala Desa Tanjung Sabar, Risman dan Kepala Desa Cubadak Air Selatan, Halim  Astra. (***)

Exit mobile version