Wako Pariaman Serahkan 473 Unit Tangki Septik

BANTUAN—Wali Kota Pariaman Genius Umar terima bantuan tangki septik.

WALI Kota Pariaman H Genius Umar, kemarin, serahkan bantuan tangki septik individual kepada masyara­kat Kota Pariaman yang tidak mampu Sebanyak 473 unit tangki septik individual melalui program hibah air limbah setempat/hibah sanitasi dari Kementerian PUPR, telah selesai dibangun dan diserah terimakan secara simbolis oleh Wali Kota Pariaman Genius Umar. Penyerahan tersebut diberikan oleh Genius Umar kepada penerima manfaat yang berasal dari keluarga kurang mampu dari Kecamatan Pariaman Tengah dan Kecamatan Pariaman Utara.

Pemerintah Kota Pariaman berkomitmen untuk terus meningkatkan sektor sanitasi permukiman yang layak bagi masyarakat, yang berfungsi secara berkelanjutan dan memenuhi standar teknis, yang ditandai dengan ikut sertanya Kota Pariaman da­lam Program Percepatan Sanitasi Permukiman (PPSP).

Genius Umar juga mengatakan, berbagai pembangunan dibidang sanitasi juga telah banyak dilakukan oleh Pemko Pariaman, seperti pada tahun 2021 telah dibangun tangki septik komunal di Desa Pakasai dan Desa Pungguang Ladiang, dengan 5 unit/Desa melalui program DAK sanitasi.

“Saya berharap dengan telah dibangunnya tangki septik individual ini, dapat memperbaiki sanitasi yang tadinya mencemari tanah, menjadi aman dibuang ke lingkungan, sehingga dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan hidup ma­sya­rakat,” jelas Genius Umar.

Beliau berpesan agar ma­sya­rakat bisa memanfaatkan tangki septik individual ini sebaik mungkin, memeliharanya, dengan melakukan pengurasan tangki septik dalam jangka waktu sekali untuk masa 2-3 tahun kedepan. Sementara itu Kepala bidang Perkim, Dinas Perkim LH Kota Pariaman Muliawan menyampaikan, bahwa untuk tahun 2021 baru bisa dibangun tangki septik sebanyak 473 unit, dari jumlah semula sebanyak 500 unit yang dianggarkan. Karena keterbatasan dana, sisanya yang berjumlah sebanyak 27 unit lagi akan diselesaikan pada tahun 2022, karena insentif yang diberikan oleh APBN untuk tahun 2021 kepada kita hanya sebesar 1,182 M dari jumlah sebelumnya sebesar 2,3 M, dan sisanya ditanggung oleh APBD.

Selain itu masyarakat penerima manfaat merasa sangat bersyukur sekali dengan adanya bantuan tangki septik tersebut. Mereka me­ra­sakan sekali manfaat dari bantuan tersebut. “Karena tidak ada sanitasi, saya dan keluarga selalu buang air ke sungai yang ada di dekat rumah, dengan adanya bantuan sanitasi ini saya tidak perlu lagi melakukannya, dan saya sangat bersyukur sekali dan mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Kota Pariaman, yang telah mau memperhatikan kesehatan dan kesejahteraan kami,” tambah Irwansyah mengakhiri. (efa)

Exit mobile version