Nagari Batu Balang, Diguyur 5000 Liter Disinfektan

LIMAPULUH KOTA, METRO
Antisipasi penyebaran lebih luas dampak virus corona masuk kekampung-kampung, rumah-rumah masyarakat di Enam Jorong di Nagari Batu Balang, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, diguyur dengan 5000 liter disinfektan.

“Ini kita lakukan untuk mengatasi penyebaran virus Covid-19. Kita Pemerintahan Nagari Batu Balang bersama Babinkantibmas , Babinsa, Tokoh masyarakat, Tokoh pemuda melakukan penyemprotan Disinfektan kerumah – rumah penduduk,” sebut Wali Nagari Batu Balang, Dasril Syofiadi, Selasa (31/3) kepada wartawan.

Dikatakannya, disinfektan yang disemprotkan untuk pencegahan dampak virus corona, merupakan dari hasil partisipasi secara swadaya dari masyarakat, donatur dan pengusaha-pengusaha di Nagari Batu Balang. Termasuk, penggu naan Dua unit pick up L 300 dan Satu unit Becak Motor yang dilengkapi tiga mesin pencucian sederhana.

“Kita galang dana dan penyemprotan secara swadaya itu menggunakan dua unit Pick up L 300 dan satu unit Becak Motor yang dilengkapi Tiga mesin pencucian sederhana. Dan kita semprotkan sebanyak 5000 liter di Enam Jorong yang ada di Nagari Batu Balang,” tutur Wali Nagari.

Wali Nagari Batu Balang, Dasril Syofiadi, mengapresiasi terhadap partisipasi Pemuda yang cepat tanggap terhadap bencana non Alam virus corona yang sangat mengkhawatirkan karena penyebarannya sangat cepat keberbagai daerah di Indonesia dan dunia.

“Kami bangga jadi anak Nagari Batu balang sekaligus apresiasi dengan pemuda yang sangat tanggap bencana, berawal dari carita di kadai akhirnya direalisasikan menjadi aksi nyata.

Dan penggalangan dana untuk mencari Disinfektan atas kemurahan hati dari dionatur dan pengusaha pengusaha yang ada dinagari,” sebutnya.

Wali Nagari juga memuji partisipasi nyata dari tokoh masyarakat Nagari Batu Balang yang kini duduk menjadi Anggota DPRD Limapuluh Kota, Beni Murdani, SE dan Akmal Rustam Dt Paduko.

“Dua orang Tokoh masyarakat Batu Balang yang saat ini duduk sebagai Anggota DPRD Kabupaten Limapuluh Kota dari fraksi PKS dan Fraksi PDI, terimakasih,” sebut Wali Nagari.

Menurutnya, pada situasi dan kondisi merebaknya virus korona saat ini, masyarakat sangat membutuhkan perhatian dan perlindungan dari Pemerintah, mulai dari Pemerintah Nagari, Kecamatan dan Pemda. “Inilah caranya kita menghadirkan negara ketengah – tengah masyarakat. Bukan hanya retorika dan bukan pencitraan, masyarakat hanya ingin kita hadir saat mereka butuh,” tuturnya.

Salah seorang tokoh masyarakat Batu Balang, Salfriadi, mengapresiasi langkah cepat Pemerintah Nagari, bersama-sama masyarakat dan tokoh-tokoh masyarakat Nagari dalam memerangi dampak penyebaran virus corona. Dengan begitu, sebutnya, masyarakat menjadi tenang dan merasa aman.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada para pemuda, kepala jorong, Pemerintahan Nagari dan anggota DPRD kabupaten Limapuluh kota dan seluruh donatur yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini. semoga dengan kebersamaan ini Alloh SWT tetap memberikan perlindungan kepada kita semua dan dijauhkan dari segala bencana Aminn,” ucapnya.

Camat Harau Andri Yasmen, menyebut dalam penanganan penyebaran dampak virus corona, dirinya sudah dan terus melakukan koordinasi kepada Wali Nagari untuk melakukan langkah-langkah nyata yang bisa dan dapat dilakukan. Bahkan Camat juga sudah membentuk satgas gugus tugas Kecamatan pada 20 Maret kemarin.

“Sosialisasi dan koordinasi dengan nagari-nagari serta forkopinca. Kemudian kita sudah bentuk satgas gugus tugas Kecamatan pada tanggal 20 Maret. Kemudian kita juga sudah melakukan Sosialisasi, Edukasi masyarakat, penyemprotan disinfektan di tempat umum, Pasar, supermarket, Majid, kantor, toko-toko yang Ada,” tuturnya. (us)

Exit mobile version