Pakai Knalpot Racing, Sejumlah Mobil Ditindak

LIMAPULUH KOTA, METRO
Satlantas Polres Limapuluh Kota, menindak tegas pengguna kenderaan Roda Dua dan Empat yang memakai knalpot racing. Terbukti, dari razia yang dilakukan pada akhir pekan kemarin, tampak sejumlah kenderaan roda Empat yang menggunakan knalpot racing diangkut ke Mapolres Limapuluh Kota.

“Usai ditilang, Kendaraan tersebut di bawa ke Mapolres Limapuluh Kota,” sebut Kapolres Limapuluh Kota, AKBP. Sri Wibowo melalui Kasat Lantas, AKP. Mazwanda didampingi Kanit Turjawali, Ipda Apriman Sural, Minggu (15/3) kepada wartawan.

Disampaikan Kasat Lantas, sejumlah pengendara atau pemilik kendaraan yang ditilang/ditindak , terpaksa harus mengganti langsung knalpot racing yang digunakan dengan knalpot yang sesuai dengan aturan. Proses penggantian knalpot tersebut dilakuakn di Mapolres Limapuluh Kota, Katinggian, Kecamatan Harau.

“Hal itu dilakukan agar memberikan efek jera kepada pengguna knalpot racing,” sebut Kasat Lantas AKP Mazwanda.

Sebelumnya, penertiban terhadap knalpot racing juga dilakukan Satlantas Polres Limapuluh Kota terhadap kendaraan roda dua. Dalam razia itu berhasil ditindak sejumlah kendaraan roda dua yang melintas dilokasi razia.

“Kita terus melakukan penindakan terhadap kendaraan roda dua (R2) maupun roda empat (R4) yang menggunakan knalpot racing. Dari beberapa kali penindakan yang kita lakukan, kita minta pengendara untuk mengganti knalpot racing dengan knalpot standar, setelah itu kendaraan bisa dibawa,” tutur Kasat.

Selain menghimbau pengendara untuk menggunakan kelengkapan kendaraan, termasuk knalpot sesuai aturan, ditambahkan Kanit Turjawali, Apriman Sural juga terus mengingatkan pengendara untuk mematuhi rambu-rambu lalilintas dan menggunakan helm saat berkendara, termasuk mengingatkan orang tua agar tidak memberikan kendaraan kepada anak mereka yang belum cukup umur serta tidak memiliki SIM.

“Semua pihak terus kita dorong untuk meningkatkan kepatuhan berlalulintas, serta tidak memberikan kendaraan kepada anak yang belum cukup umur, sebab bisa membahayakan diri sendiri dan orang lai,” sebut Apriman Sural.

Dia menghimbau kepada Pengendera baik roda dua maupun Empat supaya menggunakan knalpot standard dan mengganti kembali kanelpot racing yang membuat bising dan mengganggu kenyaman masyarak. (us)

Exit mobile version