Beruntung, Helen sekeluarga telah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan sehingga ia tidak perlu khawatir memikirkan biaya yang akan timbul dari pengobatannya. “Alhamdulillah, saya sangat bersyukur karena semua biaya pengobatan ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Saya bisa melanjutkan pengobatan tanpa khawatir memikirkan biaya yang akan timbul”, ungkap Helen dengan penuh rasa syukur.
Setelah menerima diagnosis dari dokter, Helen segera mengikuti saran medis untuk melanjutkan pengobatan. Dokter menyarankan agar Helen menjalani beberapa tes tambahan, seperti elektrokardiografi dan tes jantung lainnya serta rutin kontrol setiap bulan untuk memantau kondisi aritmia yang dialami. “Dokter memberikan terapi obat dan tindakan medis lainnya untuk memantau kondisi detak jantung saya. Dokter juga menyarankan agar saya mengatur pola makan yang sehat, mengelola stres dan olahraga teratur” jelas Helen.
Helen mengungkapkan bahwa selama menggunakan BPJS Kesehatan, ia tidak pernah mengalami kesulitan apapun saat mengakses layanan kesehatan. Menurut Helen, selama mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku, maka tidak akan terjadi kendala apapun.
“Alhamdulillah sampai saat ini saya selalu mendapatkan pelayanan yang baik, cepat dan memuaskan serta tidak pernah mengalami kendala apapun, mulai dari pelayanan di Puskesmas hingga proses rujukan di Rumah Sakit. Selagi kita mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku, maka tidak akan ada masalah” papar Helen.
Manfaat JKN tidak hanya dirasakan oleh Helen, tetapi juga oleh keluarga besar lainnya yang terdaftar dalam program ini. “Selain saya, semua anak-anak sudah pernah memanfaatkan BPJS Kesehatan untuk berobat. Mulai dari rawat jalan dan rawat inap di Rumah Sakit, penyakit asma hingga pelayanan di luar kota pun, BPJS Kesehatan selalu memberikan pelayanan yang terbaik” tambah Helen.
Bagi Helen, perjalanan satu dekade Program JKN telah membuktikan bahwa program ini merupakan investasi besar bagi kesehatan keluarganya. Helen berharap agar ke depannya, BPJS Kesehatan bisa terus berkembang dan memberikan layanan yang lebih baik.
“Alhamdulillah, pelayanan dari BPJS Kesehatan sangat baik dan harapan ke depannya bisa semakin lebih baik. Untuk masyarakat lainnya tidak perlu ragu dan khawatir menggunakan BPJS Kesehatan, karena saya sekeluarga sudah membuktikan manfaatnya dan mengandalkan BPJS Kesehatan sebagai pelindung utama bagi kesehatan keluarga,” tutup Helen. (uus)