PAYAKUMBUH, METRO–Berbagai upaya inovatif telah dilakukan BPJS Kesehatan untuk memberikan layanan yang lebih mudah, cepat, dan setara kepada peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Salah satunya dengan menghadirkan layanan BPJS Keliling guna menjangkau daerah yang jauh dari Kantor BPJS Kesehatan.
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh, Defiyanna Sayodase menjelaskan bahwa BPJS Keliling merupakan kanal layanan tatap muka dengan menggunakan kendaraan roda empat dilengkapi dengan infastruktur pendukung operasional layanan peserta yang mengusung konsep “jemput bola”, Jumat (22/11).
“Pelayanan yang ada di BPJS Keliling memungkinkan peserta untuk melakukan pendaftaran, perubahan dan pemutakhiran data peserta, serta mendapatkan informasi dan penanganan pengaduan, tanpa harus datang ke Kantor BPJS Kesehatan,” ucap Defiyanna, Jumat (22/11).
Defiyanna juga mengungkapkan dengan semakin banyaknya peserta yang dapat mengakses kanal layanan BPJS Keliling, proses administrasi akan menjadi lebih efisien dan peserta tidak perlu antri lama di Kantor BPJS Kesehatan.
Yohana (58), seorang guru di SMK Negeri 2 Payakumbuh, merasa sangat terbantu dengan kemudahan layanan BPJS Keliling. Yohana mengaku bahwa selama ini ia kesulitan melakukan perubahan data terkait dengan data kepegawaiannya mengingat kesibukannya sebagai sebagai seorang guru.
Beruntung, dengan adanya BPJS Keliling di sekolah tempat Yohana mengajar, ia kini bisa mengurus berbagai perubahan data tersebut tanpa harus meluangkan waktu datang ke Kantor BPJS Kesehatan.
“Dulu kalau ingin melakukan perubahan data, saya harus meluangkan waktu di sela-sela kesibukan sebagai pengajar. Sekarang, dengan layanan BPJS Keliling saya bisa mendapatkan layanan tersebut tanpa harus ke Kantor BPJS Kesehatan dan semuanya bisa diselesaikan dengan cepat”, ujar Yohana dengan penuh kegembiraan.
Tidak hanya kemudahan akses, Yohana juga menyoroti kualitas layanan yang diberikan oleh petugas BPJS Keliling. Menurutnya, meskipun beroperasi di lapangan, petugas tetap memberikan pelayanan yang profesional dan ramah kepada setiap peserta yang datang.
“Petugas BPJS Keliling selalu memberikan pelayanan yang ramah dan sopan kepada kami serta sangat kompeten. Petugas juga sangat informatif dalam memberikan penjelasan lengkap serta merespon dengan cepat kebutuhan saya”, kata Yohana.
Tidak dapat dipungkiri bahwa kehadiran BPJS Keliling telah memberikan dampak positif yang besar bagi masyarakat di berbagai daerah terpencil Indonesia. Melalui layanan ini, akses terhadap kanal layanan administrasi BPJS Kesehatan menjadi lebih mudah dan terjangkau bagi semua kalangan masyarakat. (uus)
Komentar