PLUT Dikunjungi Sekretariat Wapres Kementerian Setneg

LIMAPULUH KOTA, METRO–Eksis dan intens dalam melayani pelaku UMKM, PLUT-KUMKM (Pusat Layanan Usaha Terpadu – Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah) Kabupaten Limapuluh Kota mendapat kunjungan dari Sekretariat Wakil Presiden Kementerian Sekretariat Ne­gara (Setneg) RI, Bidang Pemberdayaan SDM dan UMKM, Kamis (24/10), di Gedung PLUT Jorong Ketinggian Nagari Sarilamak.

Agenda ini merupakan monitoring dan penyerapan pandangan Sekretariat Wakil Presiden bersama Kementerian Koperasi dan UKM tentang peningkatan pemanfaatan keberadaan PLUT dalam melaksanakan pemberdayaan UMKM sebagai salah satu upaya dalam menghapus kemiskinan ekstrim di tahun 2024.

Kedatangan Tim Sekretariat Wakil Presiden Kementerian Sekretariat Negara RI Bidang Pem­ber­­dayaan SDM dan UMKM yang dipimpin oleh Titin Lilis Surinda disambut Kepala Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Ka­bupaten Lima Puluh Kota Rahmad Hidayat didampingi Sekretaris Dinas Orlanda bersama Kabid Pem­berdayaan dan Pe­ngem­bangan Koperasi dan Usaha Mikro Yandri Elfira.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Lima Puluh Kota Rahmad Hidayat mengatakan dengan berbagai terobosan dan inovasi yang telah dilakukan, PULT Ka­bu­paten Limapuluh Kota masuk sebagai 40 PLUT terbaik dari 100 PLUT yang ada di Indonesia.  “Menariknya disini walau tidak ada anggaran khusus untuk PLUT, namun PULT Kabupaten Limapuluh Ko­ta masih Eksis,” terang Rahmad Hidayat.

Di hadapan Tim Sekretariat Wakil Presiden, Rah­mad Hidayat meminta per­hatian khusus untuk program keberlanjutan PLUT, seperti Konsultan PLUT maupun untuk program pengembangan PLUT kedepannya.  “Kita minta perhatian lebih untuk keberlanjutan pe­ngem­bangan PLUT, mengingat sektor UMKM merupakan program strategis Nasional yang harus di­per­hatikan dari pusat sam­pai ke daerah,” tukasnya.

Sementara itu Ketua Tim Sekretariat Wakil Pre­siden Kementerian Sekretariat Negara RI, Titin Lilis Surinda memberikan apre­­siasi atas kolaborasi dan terobosan-terobosan yang telah dilaksankan oleh PLUT Kabupaten Li­ma­puluh Kota.  “Meskipun minim anggaran PLUT Limapuluh Kota masih intens dalam memberikan pe­layanan terhadap UMKM. Hal ini tentu saja menjadi catatan bagi ka­mi. Kami akan menyuarakan di pusat tenteng ba­gai­mana keberlanjutan PLUT kedepan,” ulasnya. (uus)

Exit mobile version