Apel Peringatan HSN 2024, Pjs. Bupati Jadi Pimpinan Apel HSN di Ponpes Al-Manaar

PIMPINAN—Pjs. Bupati Lima Puluh Kota, Ahmad Zikri, saat menjadi pimpinan apel HSN 2024.

LIMAPULUH KOTA, METRO–Apel peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Ta­hun 2024 di Kabupaten Limapuluh Kota dipusatkan di Pondok Pesantren Al Manaar Batuhampar, Kecamatan Akabiluru. Ber­tindak sebagai Pembina, Pjs. Bupati Limapuluh Kota, Ahmad Zakri, Selasa (22/10).

Apel peringatan HSN di pondok pesantren yang didirikan oleh Syekh Abdurrahman Batuhampar, kakek Mohammad Hatta, Wakil Presiden Indonesia pertama tersebut, dihadiri juga oleh Kepala Kantor Kementerian Agama, H. Irwan, pimpinan OPD, Ketua Baznas, Pejabat Struktural dan Fungsional Kemenag Kabupaten Li­ma­puluh Kota, Pimpinan Pondok Pesantren, Pimpinan Ormas Islam, serta undangan lainnya.

Pembina Apel, Ahmad Zakri, dalam amanatnya membacakan Sambutan Menteri Agama RI. Dalam sambutan tersebut, Menteri Agama mengingkatkan kembali tentang kilas balik Resolusi Jihad yang dilakukan para santri pada tahun 1945. Resolusi Jihad adalah pemicu semangat masyarakat Indonesia pada masa penjajahan, sehingga pecah puncak perlawanan masyarakat Indonesia.

Mengusung tema “Me­nyam­bung Juang Merengkuh Masa Depan”, tema peringatan HSN 2024 merupakan implementasi dari sebuah makna yang tertera dalam salah satu bait dalam Kitab Alfiyyah Ibnu Malik yang mengatakan “Seorang santri mempunyai tugas untuk melanjutkan perjuangan kiai,” ketika sang kiai telah wafat.

Menutup pembacaan sambutan Menteri Agama, Ahmad Zakri menuntun seluruh peserta apel untuk sama-sama menggaungkan tema HSN sambil mengepal tangan. “Ha­ri Santri 2024, Menyambung Juang, Merengkuh Masa Depan”. Kalimat ini menggema tiga kali di pondok pesantren yang didirikan pada tahun 1943 tersebut.

Usai sambutan, Ahmad Zakri menyerahkan Piagam Penghargaan kepada Pimpinan Pondok Pesantren Al Manaar, sebagai tuan rumah penyelenggaraan puncak peringatan HSN Tahun 2024. Ia juga menyerahkan Piagam Penghargaan dan Tropi  kepada Pimpinan Pondok Pesantren Insan Cendekia Harau, sebagai Juara Umum dalam rangkaian kegiatan perlombaan Syiar Hari Santri antar pondok pesantren.

Selanjutnya Kepala Kan­kemenag H. Irwan, juga didaulat menyerahkan Tropi dan Piagam Juara Umum dalam rangkaian lomba bagi santri MDT dan LPQ, yang jatuh kepada Kecamatan Harau. Piagam dan tropi diterima Kepala KUA, H. Akmal Husni. Kegiatan puncak peringatan HSN Tahun 2024 ditutup dengan penyerahan hadiah seluruh cabang perlombaan kepada para pemuncak. (uus)

Exit mobile version