Tinjau Lokasi Kebakaran SD Negeri 04 Simalanggang, Pjs Bupati Minta Sekolah Data Aset Penting

PASCAKEBAKARAN— Pjs Bupati Limapuluh Kota tinjau lokasi kebakaran di SDN 04 Balai Rupi, Simalanggang.

LIMAPULUH KOTA, METRO–Pejabat sementara Bupati Limapuluh Kota Ahmad Zakri, Kamis, (17/10), didampingi Kadis Damkar Alfian, Kalaksa BPBD Rahmadinol, Kadis Sosial Indra Suryani, Camat, meninjau UPTD SDN 04 Balai Rupi, Kecamatan Payakumbuh yang mengalami mu­sibah kebakaran Rabu (16/10) sekitar pukul 19.30 WIB.

Insiden tersebut menghanguskan ruang kelas, kantor, mushala, pustaka, kantin, ruangan Komputer. Sijago merah yang membesar ma­lam itu dengan cepat melalap bangunan SD Negeri 04 Balai Rupi, Nagari Simalanggang. Seluruh mobil damkar di kerahkan bahkan ikut dibantu mobil damkar dari Agam dan Payakumbuh.

Hingga pagi hari, petugas pemadam kebakaran tampak masih bekerja memastikan seluruh titik api di sekolah tersebut padam seutuhnya. Begitupun dengan pihak kepolisian juga menerjunkan sejumlah personel Polsek Payakumbuh dan Tim Inafis untuk melaksanakan identifikasi Tem­pat Kejadian Perkara (TKP).

Pjs.Bupati Ahmad Zakri mengucapkan duka menda­lam atas terjadinya musibah kebakaran di salah satu se­olah unggulan di Kecamatan Payakumbuh tersebut. “Terkait kebakaran ini, kami menginstruksikan pihak se­kolah agar mendata aset yang mengalami kebakaran, dan dokumen-dokumen penting se­kolah yang ikut terbakar baik itu ijazah, sertifikat dan dokumen lainnya segera dilaporkan ke Dinas Pendidikan agar segera di tindak lanjuti,” ungkap Pjs. Bupati Ahmad Zakri.

Ia juga meminta pihak Kepolisian Resor Payakumbuh untuk segera menelusuri pe­nyebab terjadinya kebakaran. Selain itu, dalam beberapa hari kedepan, Pjs. Bupati Ahmad Zakri akan menginstruksikan OPD terkait untuk me­lak­sanakan gotong royong membersihkan puing-puing bangunan SDN 04 Simalanggang.

Pjs.Ahmad Zakri mengatakan, untuk renovasi bangunan sekolah akan dikoordinasikan terlebih dahulu dengan TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah) untuk dapat dimasukkan ke APBD Perubahan. “Kami meminta Wali Nagari untuk menyediakan kelas sementara agar anak-anak sekolah dapat mengikuti proses belajar mengajar. Kami yakin dan percaya, dengan lancarnya koordinasi an­tar stakeholder kita optimis dapat melewati ujian ini,” pungkas Pjs. Bupati Ahmad Zakri.

Sementara itu, Walinagari Simalanggang Yondrivel, me­nga­takan, kita bersama pihak terkait akan segera mencarikan tempat bagi anak didik untuk bisa melakukan proses belajar mengajar mereka. Dari perbincangan dengan beberapa pihak terkait pada malamnya dari semua total bangunan yang terbakar serta beberapa sarana pendukung belajar disekolah.

“Agar anak didik yang me­nun­tut ilmu di sekolah SDN 04 Si­malanggang ini tidak larut dalam kondisi ini. Bersama pihak terkait kita akan mencari solusi tempat belajar sementara, agar mereka bisa melakukan aktivitas belajar mengajar seperti sediakalanya,” ujar Yondrivel. (uus)

Exit mobile version