Wujudkan Statistik Sektoral Berkualitas, Pemkab Limapuluh Kota Ikuti Penilaian Interview EPPS

PENILAIAN—Wujudkan statistik sektoral berkualitas, Pemkab Limapuluh Kota mengikuti penilaian secara virtual EPPS.

LIMAPULUH KOTA, METRO–Mendukung terwujudnya statistik sektoral yang berkualitas, Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota mengikuti Penilaian Interview Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPPS). Penilaian dilakukan oleh Tim Penilai Badan secara virtual pada Rabu (26/6) di Aula Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Lima Puluh Kota, di Payakumbuh.

Kepala Diskominfo diwakili Sekretaris Dinas Kominfo Muftil Wahyudi mengatakan Dinas Kominfo sebagai Walidata bersama Badan Pusat Sta­tis­tik Kabupaten Lima Puluh Kota sebagai Pembina Data serta Bapelitbang sebagai koordinator telah melakukan berbagai upaya dalam mewujudkan statisik sektoral yang ber­kualitas, salah satunya dengan melakukan Sosia­liasi dan Pembinaan EPPS ke setiap Perangkat Daerah. “Untuk tahun ini Dinas Kesehatan dan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan terpilih mewakili Kabupaten Lima Puluh Kota menjadi objek penilaian EPPS Ta­hun 2024,” ungkapnya.

Ia menambahkan sebelum penilaian interview, Pemkab Lima Puluh Kota telah melewati beberapa tahapan penilaian yaitu penilaian mandiri dan penilaian dokumen. “Peni­laian mandiri yang terdiri atas pemenuhan 5 domain dan 38 indikator berupa pengumpulan bukti dukung dari 2 perangkat daerah tersebut selama 1 april s/d 31 Mei,” terangnya.

Sementara itu Kepala BPS Lima Puluh Kota Yudi Yos Elvin mengatakan penilaian EPPS belum berakhir. “Akan ada tahapan penilaian lagi setelah ini yang hasilnya akan dirilis pada bulan september tepatnya pada hari statistik, “ ucapnya. Turut hadir pada kegiatan tersebut Kepala Dinas Kesehatan Yulia Masna.

Sesuai dengan ama­nah Peraturan BPS Nomor 3 Tahun 2022 dijelaskan bahwa EPPS digunakan untuk mengukur capaian penyelenggaraan Satu Data Indonesia dan pe­nye­leng­garaan Statistik Sek­toral dengan cara me­ngu­kur kematangan (ma­tu­rity level) dari Penye­leng­­garaan Statistik Sekto­ral pada instansi pusat dan Pemerintah Daerah. Hasil EPPS dipresentasikan dalam bentuk Indeks Pembangunan Statistik. (uus)

Exit mobile version