KPU Lima Puluh Kota Luncurkan Tahapan Pilkada 2024

TUMPAH RUAH— Masyarakat Kabupaten Lima Puluh Kota tumpah ruah menyaksikan peluncuran tahapan penyelenggaraan Pilkada 2024, di GSB Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh, di Tanjung Pati, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Minggu (23/7) malam.

LIMAPULUH KOTA, METRO–Masyarakat Kabupaten Lima Puluh Kota tumpah ruah menyaksikan peluncuran tahapan penyelenggaraan Pilkada 2024, di GSB Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh, di Tanjung Pati, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Ko­ta, Minggu (23/7) malam.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lima Puluh Kota, Okto Rizaldi, dalam sambutannya mengajak seluruh masyarakat Lima Puluh Kota untuk datang ke TPS pada tanggal 27 November 2024 mengguna­kan hak pilih untuk menentukan pemimpin Lima Puluh Kota Lima tahun kedepan.

“Tanggal 27 November 2024 mendatang, jangan lupa datang ke-TPS. Sampaikan kepada seluruh masyarakat Lima Puluh Kota bahwa pada tanggal 27 November 2024 adalah pe­nentuan siapa yang akan menjadi pemimpin di Lima Puluh Kota,” sebut Okto Rizaldi, dihadapan Sekda Lima Puluh Kota, Herman Azmar.

Selain Sekda tampak juga hadir Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Ko­ta, Deni Asra, Forkopimda Lima Puluh Kota, Ketua Bawaslu Lima Puluh Kota, Yoriza Asra, Komisioner KPU Provinsi Sumatera Barat, Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Jons Manedi. Serta Komisioner KPU Lima Puluh Kota, Rozi Wan, Syafrizal, Wendi Ahmad Wahyudi, dan Zumaira.

Okto Rizaldi juga menginformasikan kepada seluruh masyarakat Lima puluh Kota, bahwa mulai pa­da tanggal 21 Juni lalu su­dah mulai dilakukan verifi­kasi faktual untuk calon per­seorangan. Selain itu petugas pemutakhiran data pemilih atau Panterlih juga akan datang mengetuk pintu-pintu rumah warga untuk memastikan bahwa bapak ibu sudah terdata sebagai pemilih.

“Dan mulai tanggal 21 Juni 2024 kemarin jika ada yang mengetuk-ngetuk pin­tu rumah bapak ibu, itu bukan penagih hutang, tapi anggota PPS yang sedang melakukan verifikasi Faktual untuk calon perseorangan. Dan mulai Senin petugas pemutakhiran data pemilih akan memastikan bapak ibuk terdaftar sebagai  daftar pemilih, sehingga bapak ibu bisa menentukan arah Lima Puluh Kota kedepan,” ungkapnya.

Diakhir sambutannya, Okto Rizaldi, juga mengajak masyarakat Lima Puluh Kota untuk datang ke-TPS pada 13 Juli 2024 mendatang untuk pemilihan anggota DPD RI. “Dan jangan lupa bapak ibu untuk datang ke-TPS untuk pemilihan anggota DPD RI, pada 13 Juli 2024 mendatang,” ajaknya.

Anggota KPU Provinsi Sumbar, Jons Manedi, da­lam sambutannya meminta seluruh masyarakat Lima Puluh Kota untuk mempersiapkan dokumen kependudukan apakah itu KK, KTP atau IKD (Identitas Kependudukan) karena petugas pantarlih akan datang kerumah-rumah ma­sya­rakat untuk memastikan hak pilih dalam Pilkada.

Proses peluncuran pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024 merupakan bagian awal sosialisasi dalam meningkatkan partisipasi pada Pilkada nanti. “Saya bangga dengan masyarakat Lima Puluh Kota, responsifnya sa­ngat luar biasa. Dan angka partisipasi pada pemilu lalu di Lima Puluh Kota men­capai 76 lebih, ini su­dah sangat baik,” ungkapnya.

Dia juga mengajak pemilih Kabupaten Lima Puluh Kota untuk hadir dalam pemilihan anggota DPD RI pada tanggal 13 Juli 2024 dan merupakan hari libur. “Kita yang hadir hari ini sekitar 5 ribu orang untuk bisa mengajak tetangga, saudara dan karib kerabatnya untuk datang ke TPS pada 13 Juli 2024 mendatang,” ajaknya.

Menurutnya, tantangan bagi KPU, PPK, PPS dan juga Bawaslu adalah terkait bencana alam yang terjadi melanda beberapa daerah di Sumbar beberapa waktu lalu, kemudian informasi hoak dan terakhir terkait Mony politik. “Jangan mu­dah terprovokasi, dan jangan terkecoh dengan ucapan ambil uangnya jangan pilih orangnya, ini sangat salah. Harusnya jangan terima uangnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekda Herman Azmar, menyampaikan apresiasi kepada KPU dan Bawaslu yang su­dah melaksanakan helat Pilkada ini dengan baik. “Kita yakin pada 13 Juli dan 27 November nanti masya­rakat akan datang berbondong bondong ke TPS. Ma­lam ini dibuktikan ramainya antusias ma­syarakat hadir,” ungkap sekda.

Dia juga tidak bisan-bosan mengingatkan kepada ASN untuk terus menjaga netralitas sebagai apa­ratur negara. “Kami mengajak masyarakat untuk datang memilih, karena nasip kita Lima tahun mendatang ditentukan pada 27 November mendatang, ma­ka jangan sia-siakan hak pilih kita. Kepada ASN saya minta jaga netralitas,” ha­rap­nya.

Usai menabuh tabuik tanda diluncurkannya pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lima Puluh Kota tahun 2024, masyarakat Lima Puluh Kota dihibur dengan penyanyi minang Darak Badarak Ft. Tomy Bollin. Selain itu KPU Lima Puluh Kota juga memberikan hadiah hiburan doorpreze berupa strika, kipas angin, Kulkas dan hadiah hiburan lainnya. (uus)

Exit mobile version