Shalat Idul Adha 1445 H, Ribuan Warga Padati RTH Mahkota Berlian

SAMBUTAN—Bupati Safaruddin Dt. Bandaro Rajo saat menyampaikan sambutan menjalang shalat Idul Adha.

LIMAPULUH KOTA, METRO–Gema takbir mengalun syahdu di seantero negeri mengiringi perayaan Idhul Adha 1445 H, tak terkecuali di Lapangan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Mahkota Berlian kawasan IKK Sarilamak, Senin pagi (17/6). Lantunan takbir itu bersumber dari seribuan ma­syarakat Sarilamak dan sekitar yang berduyun-duyun datang untuk me­laksanakan Ibadah Shalat Idul Adha. Gelaran Shalat Iedul Adha ini difasilitasi Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota bekerjasama dengan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Lima Puluh Kota dan Kemenag Lima Puluh Kota. Momen solat Ied menjadi yang kedua kalinya diselenggarakan oleh Pemkab Lima Puluh Kota di RTH setelah diselenggarakan pada mo­men Sholat Idul Fitri bulan April lalu

Dibayangi cuaca mendung, bertindak sebagai Khatib Prof.H.Syafruddin M.Ag dan Imam Ustadz Bakri. Solat Idul Adha juga diikuti oleh Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin Dt Ban­daro Rajo, Ketua DPRD Deni Asra, Sekretaris Daerah Herman Az­mar, Kepala Kantor Kemenag Lima Puluh Kota Irwan, Ketua TP PKK Nevi Sa­faruddin, para Asisten serta sejumlah Kepala Perangkat Daerah di Lima Puluh Kota.

Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt Bandaro Rajo sesaat sebelum Sholat Idul Adha mengajak seluruh umat muslim di Lima Puluh Kota untuk menjadikan Ibadah Idul Adha sebagai momentum untuk mengingatkan kem­bali bahwa hidup ini takkan pernah sepi dari proses perjuangan dan pengorbanan. “Pengorbanan tersebut harus dengan niat yang ikhlas bertujuan berbagi dengan keluarga terdekat hingga masyarakat,” ucap Bupati Safaruddin.

Selain itu, Ia menghimbau umat muslim jika iba­dah qurban tidak diukur dari besarnya, namun ba­gaimana keikhlasan da­lam melaksanakan iba­dah Kurban tersebut. “Hari Raya Idul Adha kali ini bakal memberikan penyadaran kepada masya­ra­kat agar untuk aktif dalam kegiatan sosial. Hal itu sebagai usaha kita untuk berbagi kebahagiaan secara merata, untuk itu, mari ketuk hati kita, ke­pe­dulian sosial dan berbagi bersama sau­dara kita,” tutur Bupati Sa­faruddin.

Selain itu, Ia kembali menyampaikan pening­katan kawasan IKK jadi salah satu  Visi misi daerah dan saat ini tengah dilakukan pembangunan fasilitas pemerintahan dan kesehatan di kawasan IKK. “Insyaallah tahun ini su­dah mulai dikerjakan tahapannya, nanti akan ada rumah sakit baru di kawasan IKK ini. Harapan ka­mi, Sarilamak akan men­­jadi pusat pemerintahan, perdagangan dan eko­nomi dapat terwujudnya,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Kantor Kemenag, Irwan mengatakan Pemerintah Daerah bersama Kemenag Lima Puluh Kota memiliki komitmen yang kuat untuk terus membumikan visi dan misi pembangunan daerah yaitu me­wu­judkan Lima Puluh Ko­ta Madani. “Untuk tahun ini kita telah melaksanakan shalat Idul Fitri dan Idul Adha di RTH ini dengan harapan dapat menjadi simbol pembangunan peradaban masyarakat Lima Puluh Kota yang beriman, berilmu dan berbudaya,” ucap Irwan.

Irwan menyampaikan juga bahwa sampai saat ini terdata 4.567 hewan qurban yang merupakan qurban masyarakat Lima Puluh Kota di seluruh Nagari. “Kita semua tentu berharap semangat berkurban masyarakat Lima Puluh Kota dapat kita tingkatkan di masa yang akan datang, berkurban merupakan simbol keikhlasan umat untuk meraih taqwa,” pungkasnya.  Setelah pe­nye­lenggaraan Sholat Idul Adha, Bupati Safaruddin menyerahkan hewan Qurban untuk Mesjid Kunci Loyang, Komplek Perkantoran Sarilamak. Bupati Safaruddin tahun ini juga menyerahkan hewan kurban di sejumlah nagari, diantaranya di Jorong Tanjuang Jajaran Nagari Galugua, Nagari Lubuak Alai, Suayan, Koto Lamo, dan Baruah Gunuang serta di Lapas Kelas III Suliki. (uus)

Exit mobile version