Seleksi Pra Pobnas Lima Puluh Kota Diikuti Ratusan Pesilat

SELEKSI—Para pesilat adu kepiawaian dalam seleksi Pra Pobnas Di Lima Puluh Kota.

LIMAPULUH KOTA, METRO–Ratusan peserta didik di Kabupaten Limapuluh Kota mulai dari Sekolah Dasar (SD), SLTP hingga SLTA ikuti Seleksi Pra POPNAS Pencak Silat yang digelar di Gedung serbaguna Kabupaten Limapuluh Kota di Ex. Komplek Kantor Bupati di Pusat Kota Payakumbuh Jalan Jenderal Sudirman, Selasa-Rabu (4-5/6).

Seleksi itu digelar untuk kategori laga dan seni yang nantinya akan dipilih 30 orang untuk mewakili Kabupaten Limapuluh Kota untuk Pra POPNAS di Sumatera Barat yang di­rencanakan digelar akhir Juni nanti. Ratusan Pesilat itu berasal dari berbagai tingkatan sekolah, mereka juga merupakan Pesilat dari berbagai Perguruan Pencak Silat.

“Kita melakukan seleksi terhadap ratusan Pesilat dari berbagai tingkatan sekolah di Kabupaten Lima­puluh Kota untuk Pra POPNAS yang akan digelar di Sumatera Barat. Ratusan Pesilat yang me­ngikuti seleksi ini berasal dari SD, SLTP dan SLTA se-Kabupaten Limapuluh Kota,” ucap Isra Malmira, Sub Koordinator Olahraga Prestasi Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (DISPARPORA) Kabupaten Limapuluh Kota, Selasa (4/6).

Isra juga menambahkan, dari ratusan Pesilat yang mengikuti seleksi untuk nantinya dikirim ke Tingkat Provinsi Sumatera Barat mewakili Kabupaten Limapuluh Kota, juga terdapat sejumlah Pesilat yang merupakan juara dalam O2SN.

“Dari ratusan Pesilat yang mengikuti seleksi tingkat Kabupaten Lima­puluh Kota ini, juga terdapat Pesilat yang merupakan dalam O2SN tingkat Nasional. Kita tentunya berharap akan terpilih Pesilat yang nantinya bisa mengharumkan nama da­erah,” tambah Isra.

Ia juga optimis nanti­nya dalam Pra POPNAS akan terpilih Pesilat terbaik dari Kabupaten Lima­puluh Kota untuk mewa­kili Provinsi Sumatera Barat. Bahkan dirinya berharap ada pesilat dari Lima puluh Kota yang ikut memperkuat kontingen sumbar di Popnas mendatang.

Rasa optimis itu diyakininya karena selama ini pembinaan olahraga silat melalui ekstrakurikuler dimasing-masing sekolah sudah berjalan baik. Se­hingga, bibit-bibit pesilat itu sudah muncul di Lima Puluh Kota. “Pembinaannya masing-masing se­kolah melalui kegiatan ekstrakurikuler sekolah dan kita Disparpora terus men­dorong agar lahir pesilat atau atlit yang hebat dari berbagai sekolah yang ada,” sebutnya.

Dari pantauan di lokasi seleksi, ratusan Pesilat terlihat antusias mengikuti seleksi. Baik Pesilat perempuan maupun laki-laki. Tidak saja Pesilat, di lokasi seleksi juga terlihat sejumlah orangtua dan guru dari berbagai se­kolah di Kabupaten Lima­puluh Kota. (uus)

Exit mobile version