Pj Wako Suprayitno Wanti Wanti ASN, Tidak Netral dalam Pilkada Bakal Disanksi

WAWANCARA—Pj Wali Kota Payakumbuh, Suprayitno didampingi Sekdako Rida Ananda dan Kadiskominfo Junaidi ketika diwawancarai wartawan terkait netralitas ASN dalam Pilkada

PAYAKUMBUH, METRO–Pj. Wali Kota Payakumbuh, Suprayitno, mewanti-wanti seluruh Apa­ratur Sipil Negara (ASN) di Kota Payakumbuh untuk menjaga netralitas dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan digelar 27 November 2024 mendatang.  Dirinya yang baru saja dilantik Tiga hari lalu sebagai Pj. Wali Kota Payakumbuh menggantikan Jasman, memastikan bila ada ASN dilingkungan Pemko Pa­yakumbuh yang terbukti berpihak pada salah satu calon, bakal disanksi tegas sesuai aturan yang berlaku.

“Saya mengingatkan kepada ASN untuk menjaga netralitas dalam Pilkada. Jika terbukti terlibat berpihak atau tidak netral maka siap-siap sanksi­nya,” tegas Pj. Wali Kota Payakumbuh, Suprayitno, dihadapan puluhan wartawan di Rumah Dinas Wali Kota Payakumbuh, Rabu (29/5) pagi.

Meski begitu, dirinya meminta ASN untuk mensukseskan pelaksanaan Pilkada serentak yang akan dihelat pada 27 November 2024 mendatang. Sehingga, partisipasi ma­syarakat meningkat drastis dari pileg dan pilpres lalu. Sehingga masya­rakat Payakumbuh men­dapatkan pemimpin yang ber­kualitas untuk kemajuan Payakumbuh lima tahun kedepan.

“Kita tahu bahwa ASN adalah tulang punggung pembangunan, berkaitan dengan rencana besar, pesta Demokrasi kita untuk Pilkada. Maka ASN harus mensukseskan pe­laksanaan Pilkada di Kota Payakumbuh, sehingga nanti mendapatkan pe­mimpin yang berkualitas untuk kemajuan Payakumbuh kedepan,” harapnya didampingi Sekdako Rida Ananda dan Kadis Kominfo Junaidi.

Ia juga menyebut bahwa akan selalu melakukan sosialisasi bersama Sekretaris Daerah (SEKDA) agar teman-teman ASN di Payakumbuh bisa memposisikan diri dalam meng­hadapi Pilkada se­rentak.

“ Bersama Sekretaris Daerah kita akan selalu melakukan sosialisasi a­gar teman-teman ASN di Payakumbuh bisa memposisikan diri dalam meng­hadapi Pilkada. Yang penting kita sukseskan dan meningkatkan partisipasi pemilih, karena kita akan memilih tokoh yang memang bisa membawa Payakumbuh menjadi Kota yang semakin maju,” pintanya.

Sementara terkait sanksi yang nantinya akan diberikan kepada ASN yang terbukti tidak netral dan melanggar aturan, Sekretaris Daerah (SEKDA) Kota Payakumbuh, Rida Ananda menambahkan bahwa sanksi yang akan diberikan sesuai pe­langgaran yang dilakukan. “Untuk sanksi tentu sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan. Ada sanksi hukuman ringan, sedang serta berat,” ucap Rida.

Ia juga menambahkan, hingga saat ini tidak ada ASN yang dilaporkan terkait Netralitas dalam Pilkada Kota Payakumbuh yang tahapannya sudah dimulai bahkan untuk calon perseorang sudah selesai dibuka pendaftaran namun untuk Kota Payakumbuh tidak ada yang mendaftar. (uus)

Exit mobile version