Untuk Korban Bencana di Tanah Datar, BW Luak Limo Puluah Salurkan 1 Truk Bantuan

SERAHKAN BANTUAN—BW Luak Limo Puluah menyerahkan bantuan di salah satu titik bencana di Tanah Datar.

PAYAKUMBUH, METRO–Rombongan Balai Warta­wan (BW) Luak Limo Puluah (Kota Payakumbuh-Kabupaten Lima Puluh Kota), disambut hangat Bupati Tanah Datar, Eka Putra, didampingi Kadiskominfo, Yusrizal, saat tiba di Posko Utama darurat bencana banjir bandang dan galodo lahar dingin Merapi, dirumah Dinas Bupati Indo Jalito, Batusangkar, Sabtu (25/5) pagi.

Rombongan wartawan Luak Limo Puluah yang datang hendak mengantarkan bantuan satu truk berisi beras, pakaian layak pakai, mi instan, pempers, air mineral, paket sembako, obat obatan, sarung dan uang tunai itu mendapat penjelasan leng­kap data bencana yang terjadi di 6 Kecamatan di Kabupaten Tanah Datar. Termasuk da­erah yang paling parah terdam­pak galodo.

Bupati Tanah Datar, Eka Putra, menyampaikan terimakasih kepada Balai Wartawan Luak Limo Puluah atas atensi, partisipasi dan donasinya bagi korban bencana banjir lahar dingin yang terjadi pada Minggu (11/5), yang mengakibatkan korban jiwa sebanyak 32 orang dan masih ada 10 orang lagi yang belum ditemukan. Kemudian, banyak warga yang harus mengungsi serta kehilangan tempat tinggal, sawah, ladang, perkebunan dan mata pencarian.

Kadiskominfo Tanah Datar, Yusrizal, juga menyampaikan proses evakuasi material banjir lahar dingin saat ini terus dilakukan termasuk pencarian korban yang masih hilang. Bahkan akibat kejadian banjir lahar dingin itu banyak jembatan yang putus dibawa air, sehingga akses menuju nagari itu terisolasi, dan sebahagian sudah dibuat jembatan darurat. “Untuk nagari Sungai Jambu itu sempat terisolasi, dan paling parah, na­mun saat ini akses jemba­tan yang putus sudah di­buat jembatan darurat,” ungkapnya.

Usai mendengarkan penjelasan Bupati Eka Putra dan Kadiskominfo Yusrizal, rombongan Balai Wartawan Luak Limo Puluah, langsung bergerak menuju titik-titik lokasi Nagari untuk mengantarkan bantuan. Nagari Pasia Laweh di Kecamatan Sungai Tarab yang pertama dikunjungi dan diserahkan bantuan, kemudian Nagari Parambahan, Nagari Lima Kaum di Kecamatan Lima Kaum.

Bantuan terus diantarkan hingga ke-Nagari Sungai Jam­bu, Kecamatan Pariangan, terakhir di Nagari Rambatan, dua titik yang juga sangat parah terdampak bencana banjir lahar dingin Merapi. Rombongan BW disetiap titik yang dikunjungi langsung disambut Wali Nagari dan Camat setempat.

Salah seorang Tokoh mu­da Nagari Rambatan, Ravinos, mengaku sangat bangga dan berterimakasih kepada kawan-kawan wartawan Luak Limo Puluah yang sudah me­ngant­arkan donasi kepada ma­syarakat yang terdampak ben­cana di Nagari Rambatan.

“Terimakasih kawan-ka­wan, atas bantuannya semo­ga dibalas Alloh dengan pa­hala yang berlipat ganda. Dan semoga bantuan ini dapat meringankan beban saudara-saudara kami yang terkena mu­sibah bencana alam banjir lahar dingin Merapi,” ungkapnya.

Ketua PWI Tanah Datar, Yulda veri, bersama Anas, Dodoy, pak Man, Jon, serta sejumlah wartawan senior Kabupaten Tanah Datar yang ikut menyambut sekaligus mendampingi langsung kelokasi titik bencana di Nagari, menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada BW Luak Limo Puluah.

“Kami berterimakasih, sekaligus bangga dan kagum dengan kawan-kawan wartawan Luak Limo Puluah. Tidak hanya hebat menulis berita, tetapi juga sangat peduli dengan kondisi sosial masyarakat terutama yang terkena bencana alam. Bantuan yang dibawa banyak sekali beragam jenisnya,” ungkap Veri sapaan Yulda Veri.

Tidak hanya itu, dia juga sangat kagum dengan kolaborasi antara BW dengan Polres Payakumbuh, dimana  pengawalan yang dilakukan anggota Polres Payakumbuh dalam mengantarkan bantuan menunjukkan antara BW dan Polres Payakumbuh mitra kerja yang hebat.

Sementara itu, Ketua PWI Kota Payakumbuh-Lima Puluh Kota yang ikut dalam rombongan BW, Aspon Dedi, didampingi Koordinator Penggalangan donasi aksi bencana alam, Saiful Hadi, dan sejumlah wartawan senior Luak Limo Puluah, Widiat, Nasrul Kenong, menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang sudah mempercayakan donasinya kepada BW untuk disalurkan kepada korban bencana alam di Tanah Datar dan Agam serta Lima Puluh Kota.

“Alhamdulillah, donasi yang kita kumpulkan sudah kita salurkan ke-titik-titik lokasi bencana alam di Tanah Datar, kemudian Agam dan Lima Puluh Kota. Kami atas nama BW Luak Limo Puluah menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah mempercayakan donasinya ke BW untuk disalurkan kepada warga yang terdampak bencana alam, semoga menjadi amal Soleh disisiNya,” ungkap Ketua PWI Luak Limo Puluah, Aspon Dedi. (uus)

Exit mobile version