195 Calon PPS Kota Payakumbuh Ikuti Tes CAT

UJIAN CAT—Ketua KPU Kota Payakumbuh Wizri Yasir saat memantau ujian CAT PPS

PAYAKUMBUH, METRO–Ratusan Calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari berbagai kelurahan di Kota Payakumbuh untuk Pemilihan Kepala Daerah serenta

Nasional yang akan digelar 27 November 2024 ikuti ujian CAT di Labor Komputer di SMK N 2 (STM Negeri) Pa­yakumbuh, Rabu (15/5).

Pelaksanaan ujian calon PPS itu diawasi BAWASLU Kota Payakumbuh serta disaksikan langsung Ketua KPU Payakumbuh, Wisri Yasir. Sebelumnya dari  198 orang yang mendaftar sebagai calon PPS, 3 orang gagal peme­riksaan berkas administrasi, sehingga hanya 195 orang yang berhak untuk mengikuti ujian CAT.

Ujian online CAT adalah Computer Assisted Test, CAT merupakan sistem seleksi dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan lulusan yang memenuhi standar minimal kompetensi. Sistem CAT ini didesain semudah mungkin, se­hingga peserta seleksi dipastikan dapat mengoperasikannya.

“Dari jumlah peserta atau masyarakat yang mendaftar sebanyak 198 orang sebagai calon PPS untuk PILKADA serentak Nasional tahun 2024 yang akan digelar 27 November nanti, 195 berhak untuk untuk mengikuti ujian CAT hari ini, namun dari jumlah itu yang mengikuti ujian hanya 177 orang,” ucap Ketua KPU Payakumbuh, Wisri Yasir.

Dia juga menambahkan, nantinya setelah ujian CAT digelar, mereka yang lolos akan mengikuti tes wawancara. Dan diperkirakan 3 o­rang Calon PPS yang lolos/terpilih untuk masing-masing Kecamatan akan dilantik dan diambil sumpah tanggal 26 Mei 2024.

“Mereka (calon PPS) yang lolos ujian CAT akan me­ngikuti tes wawancara, Dan diper­kirakan 3 orang Calon PPS yang lolos tes wawancara untuk masing-masing Kecamatan akan dilantik dan diambil sumpah tanggal 26 Mei 2024 nanti,” tutup Wisri. (uus)

Exit mobile version